Strategi Penjualan Menggunakan Potongan Harga Di Mie Gacoan Jember

Yuliana, Aidah (2021) Strategi Penjualan Menggunakan Potongan Harga Di Mie Gacoan Jember. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Aidah Yuliana_E20162030.pdf

Download (5MB)

Abstract

strategi penjualan itu sendiri yakni rencana yang dibuat oleh perusahaan untuk menentukan bagaimana dapat meningkatkan volume penjualan produknya dan dapat memenuhi serta memberikan kepuasan akan permintaan konsumen. Dalam dunia kuliner pedagang harus mempunyai sifat yang jujur. apabila berdagang dalam keadaan tidak jujur, bisa jadi akan mengurangi kualitas dagangan yang dijual. Apalagi dalam dunia bisnis salah satunya dunia bisnis kuliner sebagai pemilik usaha harus bisa mempertahankan kualitas produk tersebut. Uniknya berbagai cara dilakukan oleh perusahaan untuk membuat konsumen tertarik pada produknya, salah satunya adalah program pemberian diskon. Seperti yang dilakukan Mie Gacoan saat ini memberikan diskon kepada pelanggannya dari 2 Maret hingga 20 Maret 2020 dengan promo diskon 50% untuk produk mie andalannya, Mie Setan Dari harga RP.10.000 kini menu tersebut dapat dinikmati dengan membayar RP.5.000 saja, promo ini diluncurkan karena antusias masyarakat yang sangat tinggi. Fokus penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi penjualan menggunakan potongan harga di Mie Gacoan Jember? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari strategi penjualan menggunakan potongan harga di Mie Gacoan Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam penentuan subjek penelitian peneliti menggunakan teknik purposive, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah : (1) Strategi Penjualan Menggunakn Potongan Harga, ada tiga yaitu, (a). Penerapan Potongan Harga yaitu tujuan dari menerapkan potongan harga di Mie Gacoan adalah untuk menaikkan angka penjualan, dengan adanya potongan harga secara tidak langsung akan menarik minat pembeli sekaligus mempertahankan pelanggan supaya datang ke gerai Mie Gacoan. (b). Staregi Penjualan yaitu Strategi Penjualan Di Mie Gacoan dari segi lokasi cukup strategis karena dekat dengan kampus, kos mahasiswa dan karyawan. Harganya pun sangat terjangkau, ukuran Mienya kecil, teksturnya kenyal, porsinya juga cukup banyak, toping pangsitnya full ayam, tempatnya nyaman bisa digunakan untuk mengerjakan tugas dan bersantai karena dilengkapi dengan fasilitas seperti colokan listrik, wifi dan musik yang update. (c). Penerapan Potongan Harga yaitu bahwa penerapan potongan harga Di Mie Gacoan adalah berani memberikan potongan harga sebesar 50 % diawal buka, dan potongan harga mengunakan aplikasi Gojek dan Grab sebesar 40 % dari tanggal 2 Desember hingga 2 Februari 2020 dengan syarat pembelian minimal 30.000 sedangkan untuk promo lainnya juga ada ketentuannya seperti adanya batasan waktu dan di berlakukan pada jam-jam sepi misalnya pada jam 15.00-17.00. meningkatan omzet dengan memberikan uppseling product untuk menu yang tidak terlalu diminati oleh coustemer . (2.) Faktor Pendukung dan Penghambat, yang dihadapi ada 2 yaitu : a.) Faktor Pendukung , dari Mie Gacoan adalah harganya pas dikantong yaitu dengan harga Rp.10.000 kita sudah bisa menikmati Mie, tempat duduk dan tempat parkirpun juga luas, untuk gerai dekorasi kekinian sehingga bisa digunakan untuk berfoto dan bersantai, terutam di bagian kebersihan harus tetap dijaga. ( b). Faktor Penghambat yaitu dari Mie Gacoan adalah banyaknya pesaingan atau kompetitor Mie yang sejenis seperti Mie Setan, Mie Sakera, Mie Teror, dan masih banyak lagi. Supplier Mie yang jauh juga menjadi faktor penghambat karena jika kehabisan stock Mie maka akan berpengaruh juga ke produksinya, sejak adanya Pandemi COVID-19 banyak gerai makanan yang sepi dari pembeli. Kata Kunci : Strategi Penjualan, Potongan Harga, Mie Gancoan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 15 Jun 2021 08:00
Last Modified: 15 Jun 2021 08:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2248

Actions (login required)

View Item View Item