Strategi Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Long Distance Relationship (Studi kasus pasangan suami istri yang tinggal jarak jauh di Desa Rek-Kerrek Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan)

Hasanah, Kiswatul (2017) Strategi Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Long Distance Relationship (Studi kasus pasangan suami istri yang tinggal jarak jauh di Desa Rek-Kerrek Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kiswatul Hasanah_083 131 064.pdf

Download (18MB)

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, maka dari itu manusia membutuhkan individu lain untuk melanjutkan kehidupannya dengan menjalin hubungan dengan lawan jenis dengan cara menikah. Setiap individu yang telah membentuk lembaga sosial yaitu keluarga dengan cara menikah maka tidak akan lepas dari hak dan tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya agar tetap harmonis, demi terpenuhinya kebutuhan rumah tangga maka harus beriktiyar dengan cara apapun, seperti pasangan suami istri di Desa Rek-Kerrek Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan, mereka rela berjauhan dengan pasangan demi kesejahteraan keluarga dengan menjadi TKI, walaupun demikian namun mereka mampu mempertahankan keharmonisan rumah tangganya dengan baik. Adapun masalah yang di teliti yaitu yang pertama Bagaimana kondisi rumah tangga pasangan suami istri yang menjalin hubungan jarak jauh di Desa Rek-Kerrek Kecamatan palengaan Kabupaten Pamekasan. Yang kedua Bagaimana strategi pasangan jarak jauh di Desa Rek-Kerrek Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan dalam mempertahankan keharmonisan rumah tangganya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi rumah tangga pasangan yang menjalin hubungan jarak jauh di Desa Rek-Kerrek Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Untuk mengetahui strategi yang digunakan pasangan jarak jauh di Desa Rek-Kerrek Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan dalam mempertahankan keharmonisan rumah tangganya. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang meghasilkan data deskiptif dari pengamatan atau sumber-sumber tertulis. Maka data yang diperoleh baik data primer (secara langsung) adalah hasil dari file research (penelitian lapangan) yaitu wawancara dengan beberapa suami dan istri yang menjalin hubungan jarak jauh, dan data skunder (secara tidak langsung) yaitu literature lainya yang relevan dengan permasalahan yang dikaji. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunkan metode deskriptif yaitu menerangkan serta menjelaskan secara mendalam terhadap semua aspek yang berkitan dengan masalah penelitian. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan ; Kondisi rumah tangga pasangan suami istri yang berjarak jauh di Desa rek-Kerrek tetap harmonis yaitu aman, tentram dan bahagia tidak ada yang sampai melakukan perceraian dan mereka dapat memenuhi segala kebutuhan yang belum terpenuhi. Adapun strategi yang digunakan oleh pasangan suami istri yang menjalin hubungan jarak jauh dalam mempertahankan keharmonisan rumah tangganya yaitu menanamkan rasa saling percaya, berkomitmen, harus ada keterbukaan anatara suami dan istri dan tetap menjaga komunikasi dalam keluarga serta tetap menjalani kewajibannya sebagai suami dan istri serta selalu sabar dan bersyukur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:39
Last Modified: 13 Apr 2023 21:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22480

Actions (login required)

View Item View Item