Implementasi Financial Technology Dalam Sistem Pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS)Di Bank Muamalat KCP Situbondo

Nuraniyyah, Masruatun (2023) Implementasi Financial Technology Dalam Sistem Pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS)Di Bank Muamalat KCP Situbondo. Undergraduate thesis, Uin Khas Jember.

[img] Text
Masruatun Nuraniyyah E20171161.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Masruatun Nuraniyyah, Dr. Khairunnisa Musari, ST, M.MT. 2023: Implementasi Financial Technology dalam Sistem Pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Bank Muamalat KCP Situbondo.

QRIS (QR Code Indonesia Standard) adalah sistem pembayaran yang berbasis shared delivery channel yang digunakan untuk menstandarisasi transaksi pembayaran yang menggunakan QR Code. Fitur QR Code Muamalat DIN terhubung dengan QRIS yang merupakan standarisasi pembayaran metode QR Code dari Bank Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi financial technology (fintech) dalam sistem pembayaran QRIS di Bank Muamalat KCP Situbondo.
Adapun fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana prosedur implementasi fintech dalam Sistem Pembayaran QRIS di Bank Muamalat KCP Situbondo? 2) Bagaimana implementasi fintech dalam sistem pembayaran QRIS di Bank Muamalat KCP Situbondo? 3) Apa saja kendala dan strategi dalam implementasi fintech dalam sistem pembayaran QRIS di Bank Muamalat KCP Situbondo?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah pihak Bank Muamalat KCP Situbondo dan nasabah. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dengan mengumpulkan data dan informasi dari berbagai sumber yang berbeda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Prosedur penggunaan sistem pembayaran QRIS di Bank Muamalat KCP Situbondo adalah terbagi menjadi dua tahap. Pertama: Tahap pembuatan QRIS (Pengajuan pembukaan rekening/ tabungan, registrasi mobile banking, pengajuan permohonan mencetak barcode, analisa usaha, barcode dicetak). Kedua, Tahap penggunaan QRIS. 2) Implementasi fintech dalam sistem pembayaran QRIS di Bank Muamalat KCP Situbondo yaitu dapat memberikan kemudahan dan kepraktisan kepada nasabah pengguna QRIS dalam melakukan transaksi yang penggunaannya sangat praktis cukup dengan memindai barcode dan juga memberikan manfaat kepada merchant karena tidak perlu lagi repot menggunakan banyak aplikasi cukup dengan QRIS semua aplikasi pembayaran dapat dilakukan. 3) Kendala dalam implementasi fintech dalam sistem pembayaran QRIS adalah koneksi internet yang tidak stabil, kurangnya pengetahuan nasabah tentang sistem pembayaran QRIS, masih banyak nasabah yang melakukan transaksi tunai dibandingkan transaksi nontunai, dan pengenaan biaya 0,7% dari nilai transaksi pembayarannya khususnya kepada para pelaku usaha. Dan strategi untuk mengurangi kendala tersebut adalah melakukan peningkatan sosialisasi, membantu memfasilitasi para merchant untuk mendaftar QRIS, memasang wifi di tempat merchant yang susah sinyal dan percepatan pembangunan jaringan internet di pelosok Situbondo serta peninjauan kembali biaya transaksi yang ditetapkan kepada para pelaku usaha.

Kata Kunci: Implementasi, Financial Technology, Pembayaran, QRIS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Depositing User: Masruatun Masruatun Nuraniyyah
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:25
Last Modified: 13 Apr 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22481

Actions (login required)

View Item View Item