Pelaksanaan Metode Pendidikan Karakter pada Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MTs Raudhatul Jannah Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018.

Busthamy, Ahmad Yazid Al (2018) Pelaksanaan Metode Pendidikan Karakter pada Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MTs Raudhatul Jannah Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Yazid Al Busthamy_084 141 124.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan karakter dibagi dalam empat pilar, yakni kegiatan belajar mengajar dikelas; kegiatan keseharian dalam bentuk pengembangan budaya satuan pendidikan; kegiatan ekstrakurikuler; serta kegiatan keseharian dirumah dan masyarakat. Dalam prakteknya penerapan pendidikan karakter lebih banyak dilakukan di kelas, karena kelas merupakan tempat siswa mendapatkan pengetahuan baru. Namun selain di dalam kelas kegiatan ekstrakurikuler merupakan tempat yang berpotensi dalam pendidikan karakter siswa, salah satunya yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, dimana Pramuka menjadi wadah dalam pendidikan karakter dan pengembangan potensi serta prestasi peserta didik. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan metode qhisah pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs Raudhatul Jannah Bondowoso Tahun pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana pelaksanaan metode ikon dan afirmasi pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs Raudhatul Jannah Bondowoso Tahun pelajaran 2017/2018? 3) Bagaimana pelaksanaan metode repeat power pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs Raudhatul Jannah Bondowoso Tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan dalam skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan metode qhisah pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs Raudhatul Jannah Bondowoso Tahun pelajaran 2017/2018, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode ikon dan afirmasi pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs Raudhatul Jannah Bondowoso Tahun pelajaran 2017/2018, 3) Mendeskripsikan pelaksanaan metode repeat power pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs Raudhatul Jannah Bondowoso Tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, adalah: observasi,wawancara, dokumentasi. Penetuan informan menggunakan purposive. Analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode dan sumber. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) pelaksanaan metode qhisah pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs Raudhatul Jannah Bondowoso melalui cerita-cerita yang memotivasi serta keberhasilannya tergantung setiap pendidik dan siswa yang memliki tingkat penyampaian dan pemahaman yang berbeda. 2) pelaksanaan metode ikon dan afirmasi pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs Raudhatul Jannah Bondowoso melalui kalimat-kalimat positif berupa ajakan yang terdapat di ruang pramuka bahkan di tembok-tembok sekolah 3) pelaksanaan metode repeat power pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs Raudhatul Jannah Bondowoso dilakukan dengan cara mengucapkan kalimat-kalimat positif secara berulang-ulang, Tri Satya dan Dasa Dharma yang paling sering digunakan oleh anggota pramuka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:40
Last Modified: 13 Apr 2023 21:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22487

Actions (login required)

View Item View Item