Pembelajaran Fiqih Melalui Kitab Mabadiul Fiqih Juz 3 di Madrasah Diniyah Ula Darul Ulum Gugut Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Sumiati, Ms (2018) Pembelajaran Fiqih Melalui Kitab Mabadiul Fiqih Juz 3 di Madrasah Diniyah Ula Darul Ulum Gugut Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Sumiati_ 084 138 016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Belajar merupakan proses dasar dari perkembangan hidup manusia. Dengan belajar, manusia melakukan perubahan-perubahan kualitatif individu sehingga tingkah lakunya berkembang, kewajiban belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan bagi orang Islam dan kemudian mengajarkannya kepada manusia yang lain dengan baik. Orang Islam tidak boleh semuanya ikut berjihad ke dalam medan perang. Bahwa belajar lebih utama dari berjihad dan berperang di jalan Allah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan Pembelajaran Fiqih melalui kitab Mabadiul Fiqih Juz 3 di Madrasah Diniyah Ula Darul Ulum Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 ?, 2) Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Fiqih melalui kitab Mabadiul Fiqih Juz 3 di Madrasah Diniyah Ula Darul Ulum Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 ? dan 3) Bagaimana evaluasi Pembelajaran Fiqih melalui kitab Mabadiul Fiqih Juz 3 di Madrasah Diniyah Ula Darul Ulum Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 ? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan Pembelajaran Fiqih melalui kitab Mabadiul Fiqih Juz 3 di Madrasah Diniyah Ula Darul Ulum Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2017/2018, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan Pembelajaran Fiqih melalui kitab Mabadiul Fiqih Juz 3 di Madrasah Diniyah Ula Darul Ulum Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 dan 3) Mendeskripsikan evaluasi Pembelajaran Fiqih melalui kitab Mabadiul Fiqih Juz 3 di Madrasah Diniyah Ula Darul Ulum Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian penelitian lapangan (field research). Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Dan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, dengan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa 1) Perencanaan sudah dilaksanakan oleh guru, misalnya dengan membaca sebelum pembelajaran berlangsung akan tetapi guru fiqih di Madrasah Diniyah Ula Darul Ulum Gugut Rambipuji Jember tidak membuat silabus dan RPP, 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan guru menerapkan metode ta’allum atau metode yang pembelajaran terpusat pada guru, syirah nabawiyah yakni menceritakan sirahsirah Nabi SAW atau dengan menggunakan metode ceramah dan 3) Evaluasi pembelajaran sudah diterapkan oleh Madrasah Diniyah Ula Darul Ulum Gugut Rambipuji Jember, mialnya dengan mengadakan ujian maupun ulangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:40
Last Modified: 13 Apr 2023 21:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22491

Actions (login required)

View Item View Item