Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di SMKN 5 Jember Tahun 2017/2018.

Nisa, Renita Khoirun (2018) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di SMKN 5 Jember Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Renita Khoirun Nisa’_084 131 354.pdf

Download (5MB)

Abstract

Bimbingan dan konseling sangat penting keberadannya di lembaga apapun, khususnya di lembaga pendidikan. Guru pendidikan agama Islam selain mengemban amanat mata pelajaran yang wajib ditransformasikan terhadap peserta didik tetapi juga ikut bertanggung jawab atas moral dan akhlaq peserta didik. Guru harus memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dapat menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi sosial serta kompetensi kepribadian. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Bimbingan Konseling Peserta Didik di SMK Negeri 5 Jember”. Fokus penelitian ini yaitu tentang 1. Bagaimanakah pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SMKN 5 Jember Tahun 2017/2018? 2. Bagaimanakah peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SMKN 5 Jember Tahun 2017/2018? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang 1. Pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SMKN 5 Jember Tahun 2017/2018, 2. peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SMKN 5 Jember Tahun 2017/2018. Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, subyek penelitiannya menggunakasn purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah:1. Pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMKN 5 Jember dikatakan sudah cukup baik, karena telah ada program, layanan, kegiatan pendukung, serta faktor lainnya yang mendukung pelaksanaan tersebut, 2. Adapun peran guru Pendidikan Agama Islam: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di SMKN 5 Jember Pendidik & Pengajar Pembimbing Motivator Pemberi tauladan Transfer of Knowledge Transfer of Value Motivasi melalui pendekatan interpersonal Tingkah laku sesuai ajaran agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:40
Last Modified: 13 Apr 2023 21:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22495

Actions (login required)

View Item View Item