Praktik Program Pengabdian Santri (P2s) Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini di Madrasah Diniyah Nurul Islam Sumurlicin Kedawan Nguling Pasuruan Tahun Pelajaran 2017/2018

Rosyidah, Jumrotul (2018) Praktik Program Pengabdian Santri (P2s) Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini di Madrasah Diniyah Nurul Islam Sumurlicin Kedawan Nguling Pasuruan Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Jumrotul Rosyidah_084 141 378.pdf

Download (56MB)

Abstract

Program Pengabdian Santri (P2S) sangat penting dalam peran santri. Karena Program Pengabdian Santri (P2S) bertujuan untuk menumbuhkan kepekaan sosial dan tanggap pada perubahan sehingga santri memeliki daya juang yang tinggi dalam membangun peradaban masyarakat serta aktif membantu meningkatkan mutu pendidikan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Praktik Program Pengabdian Santri (P2S) Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini dalam Meningkatkan Kemampuan Menjalankan Ajaran Agama di Madrasah Diniyah Nurul Islam Sumurlicin Kedawang Nguling Pasuruan Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana Praktik Program Pengabdian Santri (P2S) Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini dalam Meningkatkan Kemampuan Tiga Bahasa di Madrasah Diniyah Nurul Islam Sumurlicin Kedawang Nguling Pasuruan Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan Praktik Program Pengabdian Santri (P2S) Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini dalam Meningkatkan Kemampuan Menjalankan Ajaran Agama di Madrasah Diniyah Nurul Islam Sumurlicin Kedawang Nguling Pasuruan Tahun Pelajaran 2017/2018 2) Untuk mendeskripsikan Bagaimana Praktik Program Pengabdian Santri (P2S) Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini dalam Meningkatkan Kemampuan Tiga Bahasa di Madrasah Diniyah Nurul Islam Sumurlicin Kedawang Nguling Pasuruan Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian menganalisis Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan, gambaran atau lukisan secara sistematis. Faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Dalam penentuan subyek data peneliti ini menggunakan Purposive. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi nonpartisipan dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Praktik Program Pengabdian Santri (P2S) Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini dalam Meningkatkan Kemampuan Menjalankan Ajaran Agama di Madrasah Diniyah Nurul Islam Sumurlicin, Kedawang Nguling Pasuruan Tahun Pelajaran 2017/2018 yakni a) Pendalaman akidah menurut Ahlussunnah wal Jama’ah b) Praktik shalat berjama’ah c) Pembiasaan berprilaku baik. 2) Untuk mendeskripsikan Bagaimana Praktik Program Pengabdian Santri (P2S) Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini dalam Meningkatkan Kemampuan Tiga Bahasa di Madrasah Diniyah Nurul Islam Sumurlicin Kedawang Nguling Pasuruan Tahun Pelajaran 2017/2018, yaitu a) Pendalaman kemampuan bahasa arab dan melalui sorogan, wetonan dan belajar shorof/nahwu kubro b) Pendalaman kemampuan bahasa Inggris melalui kursus malam untuk santri madin dan yang lain pada malam hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:40
Last Modified: 13 Apr 2023 21:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22501

Actions (login required)

View Item View Item