Peran Guru Madrasah Diniyah dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Nurul Anwar Prodo Kecamatan. Winongan Kabupaten Pasuruan tahun Pelajaran 2017/2018

Sholikhah, Badi'atus (2018) Peran Guru Madrasah Diniyah dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Nurul Anwar Prodo Kecamatan. Winongan Kabupaten Pasuruan tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Badi’atus Sholikhah_084 138 012.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam pembelajaran guru memiliki peran yang sangat besar dalam menjalankan peranannya. Selain menjadi seorang pendidik guru juga berperan sebagai pembimbing dan motivator. Dalam pembelajaran kitab kuning yang ada di madrasah diniyah Nurul Anwar guru memegang peranannya yang cukup baik selain mendidik, juga membimbing dan memberikan motivasi guna terciptalah pembelajaran kitab kuning sebagaimana standar kopetensi. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran guru madrasah sebagai pembimbing dalam pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Nurul Anwar Prodo Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana peran guru madrasah sebagai motivator dalam pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Nurul Anwar Prodo Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitianini yaitu : 1) Mendeskripsikan peran guru madrasah sebagai pembimbing dalam pembelajaran kitab kuning di madrasah diniyah Nurul Anwar Prodo Kecamatan Winongan kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2017/2018 2) Mendeskripsikan peran guru madrasah sebagai motivator dalam pembelajaran kitab kuning di madrasah diniyah Nurul Anwar Prodo Kecamatan Winongan kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2017/2018 Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu: (1) Peran guru madrasah diniyah sebagai pembimbing dalam pembelajaran kitab kuning di madrasah diniyah Nurul Anwar Prodo tahun pelajaran 2017/2018 adalah: a) Mengenal lebih dalam latar belakang siswa. b) Memberikan bimbingan sesuai dengan kadar kemampuan siswa. c) Memberikan bimbingan khusus bagi siswa yang kurang dalam memahami pelajaran atau yang bermasalah. 2) Peran guru madrasah diniyah sebagai motivator dalam pembelajaran kitab kuning di madrasah diniyah Nurul Anwar Prodo tahun pelajaran 2017/2018 adalah: a) Memberikan dukungan penuh pada semua kegiatan yang positif. b) Memberikan reward bagi siswa yang berprestasi. c) Memberikan bimbingan dan pendampingan khusus bagi siswa yang bermasalah. d) Menggunakan metode belajar yang inovativ, kreatif dan menyenangkan. e) Memberikan tauladan yang baik bagi para siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:02
Last Modified: 13 Apr 2023 21:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22502

Actions (login required)

View Item View Item