Analisis Penerapan Akuntansi Biaya Lingkungan Pada PDP Kahyangan Pabrik Kopi Gunung Pasang Kecamatan Panti, Jember

Hervindi, Ikras (2023) Analisis Penerapan Akuntansi Biaya Lingkungan Pada PDP Kahyangan Pabrik Kopi Gunung Pasang Kecamatan Panti, Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI IKRAS HERVINDI APRIL 2023.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Ikras Hervindi, Ana Pratiwi M.S.A, 2023 : Analisis Penerapakan Akuntansi Biaya Lingkungan Pada PDP Kahyangan Pabrik Kopi Gunung Pasang Kecamatan Panti, Jember

Perkembangan industri yang semakin meningkat memberikan dampak yang signifikan terhadap lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kasus pencemaran perusahaan akhir-akhir ini. Pencemaran lingkungan merupakan salah satu dampak negatif dari perusahaan. Salah satu dampak negatif perusahaan adalah pemborosan produksi. Limbah produksi dari hasil operasi perusahaan dapat merusak lingkungan sekitar perusahaan. Oleh karena itu, para penangan limbah harus diperhatikan untuk menjaga lingkungan.
Penelitian ini dilakukan di Pabrik Kopi PDP Kayangan Gunung Pasang, Kecamatan Panti, Jember. Fokus penelitian ini adalah bagaimana penerapan biaya lingkungan di PDP Pabrik Kopi Kahyangan Gunung Pasang dan apa dampak penerapan biaya lingkungan terhadap bisnis dan lingkungan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan biaya lingkungan yang diterapkan pada Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Pabrik Kopi Gunung Pasang dan apa dampak penerapan biaya lingkungan terhadap perusahaan dan daerah sekitarnya.
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis penelitian ini meliputi identifikasi, pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan biaya lingkungan serta dampak penerapan akuntansi lingkungan.
Hasil dari penelitian ini adalah PDP Kahyangan Pabrik Kopi Gunung Pasang Kecamatan Panti Jember telah melakukan pengolahan limbah dengan baik. hal ini dibuktikan dengan dibuatnya tampungan limbah untuk tidak mengganggu lingkungan sekitar dan masyarakat. PDP Kahyangan Pabrik Kopi Gunung Pasang Kecamatan Panti Jember telah melakukan pengeluaran biaya biaya untuk menangani lingkungan namun masih belum dicatat secara khusus. Pecatatan pada biaya lingkungan dicatan dengan akun sejenis dan kas dicatat keluar di saat ada pembelian langsung. Adapun ampak yang dihasilkan oleh penerapan akuntansi biaya lingkungan yaitu melancarkan kegiatan operasional perusahaan dan menjaga citra baik perusahaan. Selain itu, berdampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Hal ini dibuktikan dengan tidak keluhan dari masyarakat dan tidak ada kerusakan lingkungan akibat kegiatan operasional perusahaan.
Kata Kunci : Biaya Lingkungan, Biaya Pengolahan Limbah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: mr Ikras Hervindi
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:50
Last Modified: 14 Apr 2023 03:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22506

Actions (login required)

View Item View Item