ANALISIS PENGARUH PROMOSI, KEUNGGULAN PRODUK, DAN PENERAPAN NILAI SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT DI BSI KCP LUMAJANG S PARMAN

Azizah, Nur (2023) ANALISIS PENGARUH PROMOSI, KEUNGGULAN PRODUK, DAN PENERAPAN NILAI SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT DI BSI KCP LUMAJANG S PARMAN. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR AZIZAH WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nur Azizah, Dr. M.F. Hidayatullah,S.H.I,M.S.I., 2023: Analisis Pengaruh Promosi, Keunggulan Produk, Dan Penerapan Nilai Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di BSI KCP Lumajang S. Parman
Kata Kunci: Promosi, Keunggulan Produk, Penerapan Nilai Syariah, dan Minat Menabung
Promosi merupakan cara bank untuk menarik masyarakat agar tetap menabung di bank. Keunggulan produk adalah kemampuan dan kelebihan suatu produk yang tidak dimiliki oleh produk pesaing yang berguna memberikan manfaat bagi penggunanya. Selain variabel promosi dan keunggulan produk, yang mempengaruhi minat menabung masyarakat yaitu penerapan nilai syariah juga perlu diterapkan baik dari segi promosi maupun dalam menawarkan keunggulan produk yang dimiliki.
Rumusan masalah: 1) Adakah pengaruh yang signifikan dari Promosi terhadap Minat menabung masyarakat? 2) Adakah pengaruh yang signifikan dari Keunggulan Produk terhadap Minat menabung masyarakat? 3) Adakah pengaruh yang signifikan dari Penerapan Nilai Syariah terhadap Minat menabung masyarakat? 4) Apakah Promosi, Keunggulan Produk, dan Penerapan Nilai Syariah secara simultan berpengaruh terhadap Minat menabung?
Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui pengaruh dari Promosi terhadap Minat menabung masyarakat di BSI KCP Lumajang S Parman 2) Untuk mengetahui pengaruh dari Keunggulan Produk terhadap Minat menabung masyarakat di BSI KCP Lumajang S Parman 3) Untuk mengetahui pengaruh dari Penerapan Nilai Syariah terhadap Minat menabung masyarakat di BSI KCP Lumajang S Parman 4) Untuk mengetahui pengaruh secara simultan Promosi, Keunggulan Produk, dan Penerapan Nilai Syariah terhadap Minat menabung di BSI KCP Lumajang S Parman
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan asosiatif, metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan total sampel 100 responden, analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis linier berganda, analisis koefisien determinasi, uji parsial atau uji t, dan uji simultan atau uji F.
Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa 1) Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Menabung Masyarakat, hasil uji t yaitu variabel promosi sebesar 0,352 > 0,05 dan nilai t hitung 0,936 < 1,661. 2) Keunggulan Produk berpengaruh signifikan terhadap Minat Menabung Masyarakat, dari hasi uji t nilai signifikansi variabel Keunggulan Produk sebesar 0,005 < 0.05 dan nilai t hitung hitung 1,982 > t tabel 1,661. 3) Penerapan nilai Syariah berpengaruh signifikan terhadap Minat Menabung masyarakat, hasil uji t nilai signifikansi variabel keunggulan produk sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 4,905 > 1,661. 4) Terdapat pengaruh secara simultan antara variabel promosi, Keunggulan Produk Penerapan Nilai Syariah terhadap minat menabung masyarakat (Y), hasil uji f yaitu F hitung 21,576 > F tabel 2,70 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs. Nur Azizah
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:45
Last Modified: 14 Apr 2023 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22511

Actions (login required)

View Item View Item