PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IX DI MTS.S AN-NUR TEMPURSARI LUMAJANG

Awaliyah, Zahrotul (2023) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IX DI MTS.S AN-NUR TEMPURSARI LUMAJANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skrpsi zahra WTM.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar siswa akan bagus manakala siswa bisa aktif dalam pembelajaran. Agar siswa dapat aktif guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan metode pembelajaran Teams Games Tournament. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan penggunaan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament serta mendiskripsikan kendalanya dalam meningkatkan keaktifan siswa di MTs.S An-Nur Tempursari Lumajang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model miles dan huberman. Keabsahan dalam mengecek data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik serta melakukan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan keaktifan siswa di MTs.S An-Nur Tempursari Lumajang. Keaktifan siswa dari melakukan diskusi kelompok dalam mengerjakan soal TGT, kerjasama ketika tournament kelompok, dan aktif dalam menjawab pertanyaan. Mengenai Kendala dalam penggunaan metode pembelajaran Teams Games Tournament dalam meningkatkan keaktifan siswa di MTs.S An-Nur Tempursari Lumajang adalah terkendala dalam mengkondisikan waktu, terdapat siswa yang tidak mengikuti diskusi kelompok dan terdapat siswa yang belum terbiasa dengan diskusi kelompok.
Kata kunci: Metode pembelajaran Teams Games Tournament, Keaktifan siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zahrotul Awaliyah Zahra
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:50
Last Modified: 17 Apr 2023 04:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22513

Actions (login required)

View Item View Item