Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Laporan Penerimaan Kas pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Rahayu Kedungturi Taman Sidoarjo

Basirah, Nailiyah (2023) Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Laporan Penerimaan Kas pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Rahayu Kedungturi Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FIX Nailiyah FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Laporan Penerimaan Kas
pentingnya penerapan sistem informasi akuntansi penerimaan kas bagi pihak instansi khususnya koperasi yaitu untuk dapat memberikan informasi yang tepat dan akurat, serta menghindari terjadinya kecurangan ataupun penyelewengan yang terjadi pada pihak instansi.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1. bagaimana penerapan sistem informasi akuntansi laporan penerimaan kas pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Rahayu Kedungturi Taman Sidoarjo? 2. bagaimana kendala dan cara mengatasi dalam penerapan sistem informasi akuntansi laporan penerimaan kas pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Rahayu Kedungturi Taman Sidoarjo?
Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah: 1. untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan sistem informasi akuntansi laporan penerimaan kas pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Rahayu Kedungturi Taman Sidoarjo. 2. untuk mengetahui kendala dan cara mengatasi dalam penerapan sistem informasi akuntansi laporan penerimaan kas pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Rahayu Kedungturi Taman Sidoarjo.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang bersifat deskriptif. penentuan informan menggunakan teknik purposive. pengumpulan data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. keabsahan data di uji dengan menggunakan triangulasi sumber.
hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1. penerapan sistem informasi akuntansi laporan penerimaan kas pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Rahayu Kedungturi Taman Sidoarjo yaitu menerapkan sistem informasi akuntansi laporan penerimaan kasnya secara manual dimana pemakaiannya menggunakan jurnal dan buku besar yang masih berbasis kertas sedangkan untuk perolehan penerimaan kas pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Rahayu Kedungturi Taman Sidoarjo bersumber dari setoran anggota kredit, simpanan pokok, simpanan wajib, dan simpanan sukarela. 2. kendala yang di alami oleh Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Rahayu Kedungturi Taman Sidoarjo yaitu dalam proses penjumlahan sehingga cara mengatasinya harus menghapusnya dengan alat bantu (Tip Ex)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080610 Information Systems Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs Nailiyah Basirah
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:43
Last Modified: 14 Apr 2023 03:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22527

Actions (login required)

View Item View Item