Manajemen Perpustakaan dalam Menunjang Kegiatan Proses Pembelajaran di SMP ARGOPURO 1 Panti Tahun ajaran 2019- 2020.

Fatmawati, Diah Ayu (2020) Manajemen Perpustakaan dalam Menunjang Kegiatan Proses Pembelajaran di SMP ARGOPURO 1 Panti Tahun ajaran 2019- 2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Diah Ayu Fatmawati_084133066.pdf

Download (953kB)

Abstract

Manajemen perpustakaan adalah proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya untuk dapat mengelola bahan pustaka baik berupa buku maupun non buku, sehingga dapat digunakan sebagai bahan informasi oleh setiap pemakainya. Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur- unsur manusiawi, materi, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan manajemen perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan proses pembelajaran di SMP Argopuro dalam menunjang kegiatan proses pembelajaran di SMP Argopuro 1 Panti tahun pelajaran 2019-2020? 2) Bagaimana pengorganisaian manajemen perpustakaan dalam menunjang kegiatan proses pembelajaran di SMP Argopuro 1 Panti tahun pelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana pelaksanaan manajemen perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan proses pembelajaran di SMP Argopuro 1 Panti tahun pelajaran 2019-2020? 4) Bagaimana pengendalian manajemen perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan proses pembelajaran di SMP Argopuro 1 Panti tahun pelajaran 2019- 2020? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan proses pembelajaran di SMP Argopuro1 Panti tahun pelajaran 2019-2020. 2) Untuk mendeskripsikan pengorganisasian manajemen perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan proses pembelajaran di SMP Argopuro 1 Panti tahun pelajaran 2019-2020. 3) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan proses pembelajaran di SMP Argopuro1 Panti tahun pelajaran 2019-2020. 4) Untuk mendeskripsikan pengendalian manajemen perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan proses pembelajaran di SMP Argopuro 1 Panti tahun pelajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model reflektif thingking yang meliputi : Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan dan Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian yang dilakukan antara lain ; (Perencanaan) 1.membagi rak sesuai zona berdasarkan kelas dan warna. 2.membuat data atau pengklasifikasian buku sesuai dengan jenis. 3.Kerjasama dengan guru mata pelajaran. 4.Menyediakan pojok baca. (Pengorganisasian) dengan membagi tugas sesuai dengan bidangnya. (Pelaksanaan) dengan melaksanakan rencana yang telah disusun dari perencanaan seperti meminjamkan buku kepada siswa. ( Evaluasi) Pengawasan secara langsung dari semua pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080799 Library and Information Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 17 Jun 2021 02:33
Last Modified: 17 Jun 2021 02:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2253

Actions (login required)

View Item View Item