Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Jamur Kelas X IPS di MAN 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2022/2023

Zakiyah, Aminatus (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Jamur Kelas X IPS di MAN 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aminatus Zakiyah T20188033.pdf

Download (15MB)

Abstract

Aminatus Zakiyah, 2023: Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Jamur Kelas X IPS di MAN 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2022/2023
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), praktikum, keterampilan proses sains, hasil belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya keterampilan proses sains siswa, hasil belajar biologi lintas minat tergolong cukup serta kurangnya variasi guru dalam memilih model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi, salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis praktikum.
Rumusan masalah yang menjadi kajian pokok yaitu: 1) Bagaimana keterampilan proses sains siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dilakukan pembelajaran dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis praktikum pada materi jamur?; 2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dilakukan pembelajaran dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis praktikum pada materi jamur?; 3) Adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi jamur?; 4) Adakah pengaruh signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa pada materi jamur?
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan Quasi Experimental. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel 20 siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, instrumen tes dan instrumen dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan uji hipotesis (uji t) dengan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata 76,45 sedangkan kelas kontrol sebesar 69,85; 2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 69,75 sedangkan kelas kontrol 60,00; 3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains siswa dengan nilai thitung 6,043 > ttabel 2,024 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05; 4) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung 3,545 > ttabel 2,024 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 < 0 ,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060703 Plant Developmental and Reproductive Biology
Depositing User: Aminatus Zakiyah
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:16
Last Modified: 18 Apr 2023 02:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22531

Actions (login required)

View Item View Item