Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Pemahaman Materi Hukum Waris dan Wasiat Dalam Islam Kelas XI Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jember

Pratiwy, Fa'iqoh Jul (2018) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Pemahaman Materi Hukum Waris dan Wasiat Dalam Islam Kelas XI Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fa’iqoh Jul Pratiwy_084 141 353.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dari hasil wawancara yang dilakukan pada hari Kamis tanggal 20 September 2017 bersama guru mata pelajaran Fiqih Kelas XI yang dilakukan di MAN 2 Jember diketahui bahwa proses pembelajaran fiqih di kelas XI guru mayoritas menggunakan model pembelajaran konvensional berupa ceramah, hafalan dan diskusi kemudian siswa mencatat materi yang ditulis dan mengerjakan soal di LKS yang telah disediakan sekolah. Mengantisipasi permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mengoptimalkan proses dengan penyajian materi yang menarik, melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa lebih aktif. Model pembelajaran yang diperlukan untuk mengedepankan aktivitas siswa, dimana siswa memperoleh pengalaman secara langsung dan menemukan sendiri permasalahan yang ada di sekitarnya. Model pembelajaran yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut adalah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Dengan model pembelajaran berbasis masalah siswa akan terlibat secara langsung selama proses pembelajaran, baik mental maupun fisik untuk memecahkan suatu permasalahan yang akan diberikan oleh guru. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih pemahaman materi hukum waris dan wasiat dalam Islam kelas XI MAN 2 Jember? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih pemahaman materi hukum waris dan wasiat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan desain Non-Equivalent Control Grup Design, yaitu desain penelitian yang hampir sama dengan Pretest-Posttest Group Design, namun pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Dalam penentuan subyek data penelitian ini menggunakan Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes formatif, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 6,157 dan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 1,991, maka thitung>ttabel. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima . Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih materi hukum waris dan wasiat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:31
Last Modified: 14 Apr 2023 03:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22532

Actions (login required)

View Item View Item