Pengayaan Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Melalui Program Tahfidzul Qur’an di MIMA Fullday School Zainul Hasan Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Himmah, Luluk Faiqotul (2018) Pengayaan Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Melalui Program Tahfidzul Qur’an di MIMA Fullday School Zainul Hasan Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Luluk Faiqotul Himmah_084 138 029.pdf

Download (4MB)

Abstract

Setiap siswa memiliki minat yang berbeda. Hal ini sangat perlu diperhatikan oleh guru dalam memilih dan menentukan kegiatan pengayaan. Kesesuaian kegiatan pengayaan dengan minat siswa akan memacu siswa untuk lebih berhasil dalam belajarnya. Jika kegiatan yang dipilih tidak sesuai dengan minatnya maka semangat siswa akan melemah dalam mempelajari sesuatu. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimanakah perencanaan pengayaan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui program Tahfidzul qur’an di MIMA Fullday School Zainul Hasan Balung ?, 2) Bagaimanakah pelaksanaan pengayaan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui program Tahfidzul qur’an di MIMA Fullday School Zainul Hasan Balung ?, 3) Bagaimanakah evaluasi pengayaan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui program Tahfidzul qur’an di MIMA Fullday School Zainul Hasan Balung ? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pengayaan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui program Tahfidzul qur’an di MIMA Fullday School Zainul Hasan Balung, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengayaan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui program Tahfidzul qur’an di MIMA Fullday School Zainul Hasan Balung, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pengayaan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui program Tahfidzul qur’an di MIMA Fullday School Zainul Hasan Balung. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian penelitian lapangan (field research). Subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive sampling. Dan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Datanya dianalisis menggunakan analisis deskriptif, sedangkan dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Perencanaan pengayaan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui program Tahfidzul Qur’an di MIMA Fullday School Zainul Hasan Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 dilaksanakan dengan melalui persiapan guru misalnya menyiapkan RPP pembelajaran yang sedang berlangsung serta mempersiapkan siswa dan mempersiapkan sarana dan prasarana pembelajaran yang akan digunakan, 2) Pelaksanaan program pengayaan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui Program Tahfidzul Qur’an di MIMA Fullday School Zainul Hasan Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 dilaksanakan melalui 1) belajar kelompok, 2) belajar mandiri, 3) pembelajaran berbasis tema dan 4) penambahan jam pelajaran, 3) Berdasarkan hasil pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa evaluasi pengayaan di MIMA Fullday School Zainul Hasan Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember terdiri dari test dan nontest serta diagnostik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:31
Last Modified: 14 Apr 2023 03:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22538

Actions (login required)

View Item View Item