Model Pembelajaran Metode An-Nahdliyah Dalam Pembinaan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Di TPQ Ar-Rohmah Jorongan Leces Probolinggo Tahun 2018.

Novi, Rizkiana (2018) Model Pembelajaran Metode An-Nahdliyah Dalam Pembinaan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Di TPQ Ar-Rohmah Jorongan Leces Probolinggo Tahun 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Novi Rizkiana_084 141 320.pdf

Download (4MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah petunjuk bagi umat Islam. Indonesia merupakan negara yang memiliki populasi umat Islam terbesar di seluruh dunia. Menurut Badan Pusat Statistik tahun 2015 menyebutkan bahwa dari seluruh penduduk muslim di Indonesia terdapat sekitar 58 % penduduk yang tidak bisa membaca dan menulis Al-Qur’an. Metode AnNahdliyah adalah salah satu metode pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an yang lebih ditekankan pada kesesuaian dan keteraturan dalam membaca Al-Qur’an dengan menggunakan ketukan. Ketukan di sini agar santri dalam membaca Al-Qur’an sesuai dan kompak. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Apa materi model pembelajaran metode an-Nahdiyah dalam pembinaan membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Ar-Rohmah Jorongan Leces Probolinggo tahun 2018? 2) Apa media dan metode model pembelajaran metode an-Nahdiyah dalam pembinaan membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Ar-Rohmah Jorongan Leces Probolinggo tahun 2018? 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran metode an-Nahdiyah dalam pembinaan membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Ar-Rohmah Jorongan Leces Probolinggo tahun 2018? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Materi model pembelajaran metode an-Nahdiyah dalam pembinaan membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Ar-Rohmah Jorongan Leces Probolinggo tahun 2018; 2) Media dan metode model pembelajaran metode an-Nahdiyah dalam pembinaan membaca dan menulis AlQur’an di TPQ Ar-Rohmah Jorongan Leces Probolinggo tahun 2018; 3) Evaluasi model pembelajaran metode an-Nahdiyah dalam pembinaan membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Ar-Rohmah Jorongan Leces Probolinggo tahun 2018. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Materi model pembelajaran metode AnNahdliyah dalam pembinaan membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Ar-Rohmah Jorongan Leces Probolinggo yaitu menggunakan Program buku paket Cepat Tanggap Belajar Al-Qur’an An-Nahdliyah sebanyak enam jilid yang dapat ditempuh kurang lebih 7 bulan. Materi yang diajarkan meliputi pengenalan huruf sekaligus diawali dengan latihan dan pemantapan makhorijul huruf dan sifatul huruf. Dan materi menulisnya sesuai dengan kemampuan santrinya, yaitu dikasih latihan menulis hurus tunggal terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan santrinya; 2) Media model pembelajaran metode An-Nahdliyah dalam pembinaan membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Ar-Rohmah Jorongan Leces Probolinggo yakni buku paket yang terdiri dari 6 jilid, papan tulis, kapur, penghapus dan alat penunjuk. Sedangkan metode model pembelajaran metode AnNahdliyah dalam pembinaan membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Ar-Rohmah Jorongan Leces Probolinggo yaitu menggunakan tiga metode: metode demonstrasi, metode drill dan metode tanya jawab; 3) Evaluasi model pembelajaran metode AnNahdliyah dalam pembinaan membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Ar-Rohmah Jorongan Leces Probolinggo yaitu menggunakan evaluasi harian, evaluasi akhir jilid dan Evaluasi Belajar Tahap Akhir (EBTA)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:30
Last Modified: 14 Apr 2023 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22544

Actions (login required)

View Item View Item