Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Al-Maufi Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Izzah, Wahyu Arifatul (2018) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Al-Maufi Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wahyu Arifatul Izzah_084 131 414.pdf

Download (52MB)

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan inti dan proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang Peran utama. Dalam proses kelangsungan studi dalam lembaga formal, pendidikan akan berjalan jika terjadi proses belajar mengajar yang baik, benar dan dapat dipertanggung jawabkan. Dalam proses belajar mengajar tersebut segala usaha untuk pencapaian pendidikan akan terlaksana, karena tanpa adanya proses belajar mengajar tersebut akan mustahil proses pendidikan akan berjalan dengan baik. Hal inilah yang menyebabkan guru yang sampai saat ini menjadi partnership bagi peserta didik memegang peran yang penting dan strategis. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi mi adalah: 1) Bagaimana Peran Guru PAl sebagai Pengajar dalam Pembentukan Kepribadian Siswa di Sekolah Menengah Pertama Al-Maufi Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 2) Bagaimana Peran Guru PAI sebagai Pembimbing dalam pembentukan Kepribadian Siswa di Sekolah Menengah Pertama Al-Maufi Tempurejo Tahun Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Peran guru PAI sebagai pendidik dalam pembentukan kepribadian siswa di Sekolah Menengah Pertama Al-Maufi Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mendeskripsikan Peran guru PAI sebagai pembimbing dalam pembentukan kepribadian. siswa di Sekolah Menengah Pertama Al-Maufi Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah field research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meaggunakan wawancara, observasi dan dokumenter. Teknik analisis data dalarn penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, teknik atau metode, member check. Hasil dan penelitian ini adalah: 1) Peran Guru PAI sebagai Pengajar dalarn Pembentukan Kepribadian Siswa di Sekolah Menengah Pertama Al-Maufi Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 dilakukan melalui: a) Pelajaran di Mulai dengan pembacaan asmaul husna, b) Pengecekan RPP, e) Menggunakan RPP, d) Penggunaan metode pembelajaran yang tepat, e) Menanamkan keteladanan. 2) Peran Guru PAl sebagai Pembimbing dalam Pembentukan Kepribadian Siswa di Sekolah Menengah Pertama Al-Maufi Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 dilakukan melalui: a) Penanaman nilai-nilai spritual keagamaan (Sholat Dhuha dan Duhur berjamaah), b) Mengajarkan makna Istiqomah, c) Mengadakan kajian keislaman, d) Melaksanakan baca tulis Al Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:30
Last Modified: 14 Apr 2023 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22546

Actions (login required)

View Item View Item