Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Life Skill Kewirausahaan di SMK Sabda Ria Nada Desa Tlogosari Kec. Sumbermalang Kab. Situbondo Tahun Pelajaran 2017-2018.

Ramdani, Wahyudi (2018) Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Life Skill Kewirausahaan di SMK Sabda Ria Nada Desa Tlogosari Kec. Sumbermalang Kab. Situbondo Tahun Pelajaran 2017-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wahyudi Ramdani_084141433.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan pendidikan pada hakikatnya harus mampu berupaya menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran yang dapat memberikan bekal bagi peserta didik dengan berbagai kecakapan hidup. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengintegrasikan pola pendidikannya melalui berbagai latihan-latihan dan pola pembiasaan hidup mandiri yang melekat pada kehidupan keseharian para siswa yang mengarah pada pembekalan life skill. Salah satu upaya yang dilakukan oleh sekolah ini adalah dengan adanya pendidikan kewirausahaan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: “ (1) Bagaimanakah implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mengembangkan life skill kewirausahaan dalam aspek kecakapan pribadi, sosial, akademik, dan vokasional di SMK Sabda Ria Nada Desa Tlogosari Kec. Sumbermalang Kab. Situbondo Tahun Pelajaran 2017-2018? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mengembangkan life skill kewirausahaan di SMK Sabda Ria Nada Desa Tlogosari Kec. Sumbermalang Kab. Situbondo Tahun Pelajaran 2017-2018?” Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian ini digunakan teknik purposive, sedangkan teknik pengumpulan data yang utama adalah observasi participant, wawancara mendalam, dokumentasi, dan gabungan ketiganya atau triangulasi.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mengembangkan life skill kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sabda Ria Nada, meliputi: (a) aspek kecakapan pribadi meliputi kecakapan untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya yakni dengan keterampilan belajar pengelolaan kopi; (b) aspek kecakapan sosial mencakup kecakapan komunikasi dengan konsumen dan masyarakat melalui kegiatan kerjasama maupun kegiatan keagamaan; (c) aspek kecakapan akademik disebut juga kemampuan berpikir ilmiah yang meliputi penilaian diri pada aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik siswa; (d) aspek kecakapan vokasional mencakup keterampilan pada proses pengelolaan dan pemasaran kopi serta keterampilan dibidang pekerjaan tertentu yang ada di Masyarakat. (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mengembangkan life skill kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sabda Ria Nada, yaitu faktor pendukungnya: (a) sumber daya alam yang mendukung; (b) memiliki semangat kerja; (c) memiliki lahan pertanian sendiri; (d) memiliki unit usaha sendiri; (e) transportasi yang mendukung. Faktor penghambatnya yaitu: (a) masih ada 3 orang guru yang mengajar tidak sesuai dengan spesifikasi keilmuannya; (b) sarana dan prasarana minim; (c) jauh dari pusat kota; (d) cuaca tak menentu; (e) materi kewirausahaan terpisah dengan mata pelajaran lain; (f) terbatasnya kerjasama dengan pengusaha-pengusaha. Kata Kunci : Kewirausahaan, Life Skill

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:30
Last Modified: 14 Apr 2023 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22547

Actions (login required)

View Item View Item