Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Autis Di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Razak, Abdul (2018) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Autis Di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdul Razak_084 111 204.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah bagian dari rumpun mata pelajaran siswa SMPLB Patrang Jember. Perlu diketahui, bahwasanya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ini pembahasannya sangatlah luas dan banyak. Pembelajaran PAI bertujuan untuk membekali siswa agar dapat mengetahui dan memahami cara Sholat dengan baik dan benar. Selain itu, pembelajaran PAI merupakan pembelajaran yang bersifat alamiah yang harus mengandung unsur teori dan praktek belajar Sholat untuk diamalkan di dalam kehidupan sehari- hari. Fokus penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam materi Sholat pada anak Autis di SMPLB Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam materi Sholat pada anak Autis di SMPLB Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam materi Sholat pada anak Autis di SMPLB Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak Autis di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak Autis di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak Autis di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak Autis di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 dilakukan dengan guru menyusun silabus dan RPP disesuaikan dengan kondisi siswa. 2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak Autis di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. Namun dalam proses penyampaian materi, ditekankan pada ranah praktek, karena pada anak autis lebih memudahkan memahami penyampaian dari seorang guru. 3) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak Autis di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 yaitu secara umum menggunakan penilaian Tes dan Non Tes yang berupa ujian dan praktek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:30
Last Modified: 14 Apr 2023 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22554

Actions (login required)

View Item View Item