Internalisasi Nilai-nilai Demokrasi dalam Pendidikan di Ma’had Darul Muta’allimin MAN 1 Banyuwangi.

Rahayuningtias, Devi Sri (2018) Internalisasi Nilai-nilai Demokrasi dalam Pendidikan di Ma’had Darul Muta’allimin MAN 1 Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Devi Sri Rahayuningtias_084 141 286.pdf

Download (3MB)

Abstract

Demokrasi merupakan konsep pemerintahan yang berdasarkan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Perkembangan baru menunjukkan bahwa demokrasi sebagai sikap hidup didalamnya ada nilai-nilai demokrasi yang dipraktikkan oleh masyarakat sebagai budaya demokrasi yang dapat diaktualisasikan melalui pendidikan. Salah satu lembaga pendidikan yang menanamkan nilai-nilai demokrasi adalah pesantren, mengingat adanya kebebasan dari kiai pendirinya untuk mewarnai pesantrennya dengan penekanan pada kajian tertentu. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini berupaya untuk mengungkap secara mendalam tentang demokrasi dalam pendidikan di Ma’had Darul Muta’allimin MAN 1 Banyuwangi dengan fokus penelitian: (1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai demokrasi kebebasan dalam pendidikan di Ma’had Darul Muta’allimin MAN 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai demokrasi persamaan dalam pendidikan di Ma’had Darul Muta’allimin MAN 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana internalisasi nilai-nilai demokrasi musyawarah dalam pendidikan di Ma’had Darul Muta’allimin MAN 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci. Penentuan subjek penelitian berupa ketua ma’had, tenaga pengajar, musyrifah, mahasiswa PPL IAIDA dan santri menggunakan teknik purposive dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif pasif, wawancara semi terstruktur, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas dan dependabilitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Internalisasi nilai-nilai demokrasi kebebasan dalam pendidikan di Ma’had Darul Muta’allimin MAN 1 Banyuwangi tercermin dalam beberapa bentuk kegiatan diantaranya seperti kebebasan dalam pemilihan kamar, kebebasan pemilihan penjurusan, kebebasan pembelajaran kajian kitab, kebebasan pembelajaran al-Qur’an, kebebasan berekspresi dan berpartisipasi, (2) Internalisasi nilai-nilai demokrasi persamaan dalam pendidikan di Ma’had Darul Muta’allimin MAN 1 Banyuwangi bahwa semua santri mendapatkan persamaan hak dan kewajiban, mendapatkan pendidikan yang sama tanpa membedakan latar belakang dan status sosial santri, (3) Internalisasi nilai-nilai demokrasi musyawarah dalam pendidikan di Ma’had Darul Muta’allimin MAN 1 Banyuwangi tercermin dalam beberapa bentuk kegiatan diantaranya seperti musyawarah dalam pemilihan ketua kamar, musyawarah dalam pemilihan ketua dan pengurus ma’had, musyawarah pemilihan metode dan sharing dalam pembelajaran, musyawarah pembentukan jadwal, serta musyawarah pelaksanaan kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:30
Last Modified: 14 Apr 2023 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22558

Actions (login required)

View Item View Item