Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran AlQur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Rahayu, Dira (2018) Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran AlQur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dira Rahayu_084 141 204.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pengangkatan tema ini dilatar belakangi oleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ilmiah (pendekatan saintifik) dimana peserta didik menjadi pusat pembelajaran sedangkan guru hanya menjadi fasilitator. Apa yang dipelajari dan yang diperoleh peserta didik dilakukan dengan indra dan akal pikiran sehingga mereka mengalami secara langsung dalam proses mendapatkan ilmu pengetahuan. Penggunaan pendekatan saintifik ini menggunakan beberapa langkah, yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Fokus penelitian pada skripsi ini ada tiga, yaitu: (1) Bagaimana perencanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018?. (2) Bagaimana pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018?. (3) Bagaimana evaluasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018? Sedangkan tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018?. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018?. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran AlQur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018? Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus, penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Metode dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil yang telah didapat dari penelitian yang telah dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember, yaitu: (1) Perencanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari: kalender pendidikan, pekan efektif, program tahunan, program semester, silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (2) Pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), akan tetapi ada perubahan karena menyesuaikan dengan kondisi kelas. (3) Evaluasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember terdapat tiga aspek, yaitu: aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:30
Last Modified: 14 Apr 2023 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22559

Actions (login required)

View Item View Item