IMPLEMENTASI SEGMENTASI DEMOGRAFIS DAN GEOGRAFIS PRODUK PEMBIAYAAN MIKRO PADA PT. BANK SYARIAH INDONESIA A. YANI KCP BONDOWOSO

Kurniawan, Rizal (2023) IMPLEMENTASI SEGMENTASI DEMOGRAFIS DAN GEOGRAFIS PRODUK PEMBIAYAAN MIKRO PADA PT. BANK SYARIAH INDONESIA A. YANI KCP BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rizal Kurniawan_E20191136.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rizal Kurniawan, 2023: Implementasi Segmentasi Demografis dan Geografis
Produk Pembiayaan Mikro di PT. Bank Syariah Indonesia A.Yani KCP
Bondowoso
Kata Kunci: Implementasi Segmentasi Demografis Dan Geografis, Faktor
Pendukung dan Penghambat, BSI A.Yani KCP Bondowoso.
Segmentasi pasar ialah tindakan pengelompokan pasar yang awalnya
bersifat heterogen atas suatu produk ke unit-unit pasar yang bersifat homogen.
Segmentasi pasar ini bisa dilaksanakan pelaku perbankan kepada nasabah yang
diatasinya sehingga mampu fokus melayani konsumen dengan karakteristik reaksi
yang baik dan benar.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1.) Bagaimana Implementasi
Segmentasi Demografis dan Geografis Pada Produk Pembiayaan Mikro di
PT.Bank Syariah Indonesia A.Yani KCP Bondowoso. (2.) Apa saja faktor- faktor
penghambat dan pendukung Implementasi Segmentasi Demografis dan Geografis
Pada Pembiayaan Mikro di PT.Bank Syariah Indonesia A.Yani KCP Bondowoso
Peneliti ini bertujan: (1.) Untuk menjelaskan Implementasi Segmentasi
Demografis dan Geografis Pada Produk Pembiayaan Mikro di Bank Syariah
Indonesia A.Yani KCP Bondowoso. (2.) Untuk mengetahui faktor penghambat
dan pendukung Implementasi Segmentasi Demografis dan Geografis Pada Produk
Pembiayaan Mikro di Bank Syariah Indonesia A.Yani KCP Bondowoso
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan
subyek penelitian dengan teknk purposive, sedangkan metode pengumpulan data
dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Kesimpulan dari penelitian ini yakni: (1.)Berdasarkan demografik, fokus
yang digunakan paling luas oleh BSI A.Yani KCP Bondowoso adalah usia, jenis
kelamin, agama, besar kecilnya keluarga, penghasilan, pekerjaan, pendidikan,
kelas sosial, agunan, besar pasaran agunan di daerah tersebut. Dan tak lupa juga
BSI mensurvei kembali untuk mengetahui lebih jelas menggali mengenai omset
pendapatan nasabah, berapa omsetnya, pegawainya ada berapa, inventory
barangnya ada berapa, gaji pegawai, untuk mengetahui cluster masing-masing
nasabah. (2.)Sedangkan segmentasi geografis yang dilakukan oleh BSI Dalam
hal ini BSI A.Yani Bondowoso menerapkannya dengan mengkhususkan
pembiayaan mikro di wilayah bondowoso maksimal dengan radius lima kilometer
dari kantor untuk mempemudah pemeliharaan nasabah untuk mempertahankan
loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia A.Yani KCP Bondowoso.(3.)Faktor
pendukung kegiatan implementasi segmentasi produk pembiayaan mikro ini
antara lain reward untuk karyawan, SDM yang mumpuni dalam pemasaran yang
masif dan intensif, media online, kenaikan gaji dan promosi jabatan sebagai
motivasi terbesar para karyawan. Sedangkan faktor penghambat implementasi
segmentasi ini ialah hanya faktor alam berupa hujan, bencana alam maupun
wabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Rizal Kurniawan
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:32
Last Modified: 14 Apr 2023 03:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22561

Actions (login required)

View Item View Item