A'dawiyyah, Rabia'tul (2018) Pembelajaran qira’at sab’ah di pondok pesantren Roudlotul Qur’an desa Balung Kulon kecamatan Balung kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Rabia’tul A’dawiyyah_084 131 160.pdf Download (6MB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat Islam yang harus dibaca, dipahami, dihafalkan dan diamalkan. Bacaan al-Qur’an yang digunakan di Indonesia adalah riwayat imam Hafs bin Sulaiman Al-Kufi dari empat belas riwayat bacaan dengan tujuh imam. Umat Islam banyak yang belum mengetahui bacaan-bacaan al-Qur’an selain yang digunakan oleh negaranya. Dari beberapa pondok pesantren tahfidz di daerah Jember, pondok pesantren Roudlotul Qur’an Balung ini merupakan satu-satunya pondok pesantren yang mengajarkan materi qira’at sab’ah. Qira’at sab’ah merupakan ilmu tentang cara membaca al-Qur’an dengan menghubungkan setiap bacaan kepada tujuh orang imam yang masyhur. Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran qira’at sab’ah di pondok pesantren Roudlotul Qur’an desa Balung Kulong kecamatan Balung kabupaten Jember?. (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran qira’at sab’ah di pondok pesantren Roudlotul Qur’an desa Balung Kulong kecamatan Balung kabupaten Jember?. (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran qira’at sab’ah di pondok pesantren Roudlotul Qur’an desa Balung Kulong kecamatan Balung kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran qira’at sab’ah di pondok pesantren Roudlotul Qur’an desa Balung Kulong kecamatan Balung kabupaten Jember. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran qira’at sab’ah di pondok pesantren Roudlotul Qur’an desa Balung Kulong kecamatan Balung kabupaten Jember. (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran qira’at sab’ah di pondok pesantren Roudlotul Qur’an desa Balung Kulong kecamatan Balung kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, penentuan subyek penelitian menggunakan informan diantaranya: pengasuh, pengurus pondok, dan santri pondok pesantren. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang terdiri dari empat langkah, yaitu koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran qira’at sab’ah di pondok pesantren Roudlotul Qur’an Balung dengan membuat rancangan dengan menetapkan beberapa hal yaitu: tujuan pembelajaran, materi pelajaran, metode, dan media. (2) pelaksanaan pembelajaran qira’at sab’ah di pondok pesantren Roudlotul Qur’an Balung dilakukan dengan penjadwalan secara rutin setiap satu minggu sekali. Ada beberapa langkah pokok yang dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran yakni: apersepsi, kegiatan inti, dan penutup. (3) evaluasi pembelajaran qira’at sab’ah di pondok pesantren Roudlotul Qur’an Balung menekankan pada tes. Tes yang digunakan yakni tes formatif. Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui sejauh mana suatu proses pembelajaran telah berjalan sebagaimana yang direncanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 03:30 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 03:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22569 |
Actions (login required)
View Item |