Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Nurul Hikam Kesambirampak, Kecamatan Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018.

Naimah, Siti (2018) Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Nurul Hikam Kesambirampak, Kecamatan Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Naimah_084 141 171.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran mempunyai arti memberikan pengetahuan kepada anak, agar mereka dapat mengetahui peristiwa-peristiwa, hukum-hukum ataupun proses dari pada sesuatu ilmu pengetahuan, jadi yang dipentingkan adalah segi ilmiahnya. Sedangkan al-Qur’an Hadits merupakan salah satu aspek mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang mempelajari tentang al-Qur’an dan Hadits. Pembelajaran Penterjemahan al-Qur’an (PPTQ) merupakan salah satu upaya dalam pembelajaran untuk menerjemahkan dalil atau ayat al-Qur’an yang terdapat dalam mata pelajaran al-Qur’an Hadits. Dalil-dalil yang terdapat dalam mata pelajaran al-Qur’an Hadits tersebut di tulis kembali dan di jadikan materi, kemudian materi tersebut di pelajari dan di terjemahkan oleh siswa dengan bimbingan dari seorang guru. Adapun Fokus dalam penelitian ini dalam skripsi ini adalah: 1) Apakah materi pembelajaran Penterjemahan al-Qur’an (PPTQ) dalam pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Hadis di Madrash Aliyah Nurul Hikam Kesambirampak, Kecamatan Kapongan Situbondo tahun pelajaran 2017/2018?; 2)Bagaimana metode pembelajaran al-Qu’an Hadist melalui materi pembelajaran Penterjemahan al-Qur’an (PPTQ) di Madrasah Aliyah Nurul Hikam Kesambirampak, Kecamatan Kapongan Situbondo tahun pelajaran 2017/2018?; 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran al-Qur’an Hadits melalui materi pembelajaran Penterjemahan al-Qur’an (PPTQ) di Madrasah Aliyah Nurul Hikam Kesambirampak, Kecamatan Kapongan Situbondo tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan materi pembelajaran Penterjemahan al-Qur’an (PPTQ) dalam pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Hadis di MA Nurul Hikam Kesambirampak, Kecamatan Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018;2) Mendeskripsikan metode pembelajaran al-Qu’an Hadist melalui materi pembelajaran Penterjemahan al-Qur’an (PPTQ) di MA Nurul Hikam Kesambirampak, Kecamatan Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018;3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran al-Qur’an Hadits melalui materi pembelajaran Penterjemahan al-Qur’an (PPTQ) di MA Nurul Hikam Kesambirampak, Kecamatan Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian menggunakan purposive. Sedangkan teknik pengumpulan datanyamenggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi Reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), kesimpulan (conclusion) dan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data yang meliputi triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Materi Pembelajaran penterjemahan alQur’an (PPTQ) dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Nurul Hikam adalah:Iqra’ juz 6 bagi siswa yang tidak bisa membaca Al-Qur’an,SuratAl-Baqarah bagi kelas X. Sedangkan bagi kelas XI dan XII menggunakan dalil yang terdapat dalam mata pelajaran al-Qur’an; 2) metode pembelajaran al-Qur’an Hadits melalui materi pembelajaran penterjemahan al-Qur’an (PPTQ) menggunakan beberapa metode diantaranya metode ceramah, hafalan, diskusi, latihan/drill, dan tanya jawab. Hal ini digunakan untuk menghindari kejenuhan dan kebosanan dalam pembelajaran; 3) evaluasi pembelajaran al-Qur’an Hadits melalui materi pembelajaran penterjemahan al-Qur’an (PPTQ) di Madrasah Aliyah Nurul Hikam menggunakan evaluasi formatif dan evaluasi sumatif, dimana evaluasinya dilakukan pada setiap pertemuan dan pada saat semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:30
Last Modified: 14 Apr 2023 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22572

Actions (login required)

View Item View Item