Interaksi Edukatif Siswi Bercadar dengan Warga Madrasah di MTs Al-Ishlah Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Alfiyah, Ana (2018) Interaksi Edukatif Siswi Bercadar dengan Warga Madrasah di MTs Al-Ishlah Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ana Alfiyah_084 141 329.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dengan adanya kewajiban pemakaian cadar selama proses pembelajaran bagaimana dengan interaksi edukatif yang terjadi antara siswi yang bercadar dengan pendidik maupun dengan peserta didik yang lainnya pastinya dalam berinteraksi dengan orang lain tentu siswi yang menggunakan cadar sedikit berbeda dengan siswi yang tidak bercadar. Siswi yang bercadar terkadang dianggap oleh sebagian pendapat cenderung memiliki kepribadian eksklusif (tertutup),menutup diri,dan wanita bercadar melakukan segala aktivitas interaksi bersandar dan berupaya konsisten terhadap nilai-nilai sosial yang diajarkan sesuai dengan prinsip salaf selain itu dalam menentukan identitas diri siswi bercadar sangat sulit dikenali bahkan juga akan sulit untuk mengenali dan membedakan antara individu yang satu dengan individu yang lainnya karena yang terlihat hanya kedua matanya saja. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah Bagaimana Interaksi Edukatif Guru dengan Siswi Bercadar dan Bagaimana Interaksi Edukatif Siswi Bercadar dengan Lawan Jenis di MTs-Al Ishlah Jenggawah–Jember tahun pelajaran 2017/2018 ? Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan Interaksi Edukatif Guru dengan Siswi Bercadar dan Interaksi Edukatif Siswi Bercadar dengan Lawan Jenis di MTs- Al Ishlah Jenggawah–Jember tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik penentuan informan penelitian menggunakan purposive, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain : 1) Interaksi Guru dengan Siswi Bercadar interaksi edukatif yang dilakukan antara guru dengan siswa yaitu pengaturan kelas atau mengkondisikan kelas agar kondusif, menjelaskan materi pelajaran dengan ceramah, dilakukannya tanya jawab, setelah itu diadakan diskusi lalu dipresentasikan hasil diskusinya. Dan siswi yang bercadar menjaga etika atau tata cara berinteraksi dengan guru karena siswi yang bercadar menggunakan cadar sehingga mereka menjalankan syariat Islam tentang tata cara berinteraksi dengan seorang guru sehingga dalam hal ini mereka sangat menjaga sikap mereka dihadapan seorang guru. 2) Interaksi Edukatif Siswi Bercadar dengan Lawan Jenis disini bapak guru dan siswa laki-laki dengan siswi bercadar jarang sekali ada interaksi dikarenakan kelasnya harus dipisah meskipun begitu ada suatu waktu dimana mereka bertemu yaitu ketika hari Sabtu pada saat mendapat wejangan dari pengasuh dan juga ketika memperingati peringatan hari besar Islam namun meskipun bertemu dalam satu tempat, siswi yang bercadar tetap menggunakan cadar dan diberi tirai atau penghalang dan interaksi mereka pun juga terbatas tidak begitu leluasa karena siswi yang bercadar memegang teguh syariat yang telah diajarkan kepadanya bahwasannya harus jaga jarak ketika berinteraksi kepada yang bukan mahromnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 16 Apr 2023 09:07
Last Modified: 16 Apr 2023 09:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22581

Actions (login required)

View Item View Item