Implementasi Program Abdi Masyarakat (PAM) Sebagai Proses Rekrutmen Guru Madrasah Diniyah Di Pondok Pesantren Nurul Islam (NURIS) Antirogo Sumbersari Jember Tahun 2017

Hamidah, Nur (2018) Implementasi Program Abdi Masyarakat (PAM) Sebagai Proses Rekrutmen Guru Madrasah Diniyah Di Pondok Pesantren Nurul Islam (NURIS) Antirogo Sumbersari Jember Tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Hamidah_084128023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Untuk mendapatkan guru yang berkualitas dan mampu menjalankan tugas serta tanggung jawab maka suatu Madrasah mestilah membuat sebuah perencanaan yang matang tentang kebutuhan guru sebagai salah satu sumber daya manusia (SDM). Salah satu bentuk dari perencanaan sumber daya manusia yang baik akan terlihat pada bagaimana proses pelaksanaan rekrutmen Sumber Daya Manusia di lembaga tersebut. Sebagai bagaian dari Manajemen SDM, rekrutmen merupakan hal terpenting dalamsuatu lembaga karena dari pelaksanaan rekrutmenlah lembaga tersebut bisa mendapatkan sumber daya yang bisa ditempatkan pada posisi yang dibutuhkan. Salah satu program rekruitmen yang unik di Pondok Pesantren Nuris Jember adlah rekruitmen melalui kegiatan Program Abdi Masyarakat. Program Abdi Masyarakat adalah suatu program Pondok Pesantren Nurul IslamJember dengan mengirimkan santri terpilih yang sudah melalui proses bimbingan dan pelatihan untuk mengabdi dan mengamalkan ilmu kepada beberapa pesantren yang telah ditentukan selama satu bulan penuh. Santri dilatih membentuk jiwa kepemimpinan serta mengembangkan wawasan, pengalaman dan keterampilan dalam belajar dan bagaimana mengajar yang baik di pondok pesantren tertentu. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana prosedur rekruitmen guru madrasah diniyah Pondok Pesantren Nurul islam (Nuris) Antirogo Sumbersari Jember tahun 2017? 2) Bagaimana implementasi Program Abdi Masyarakat (PAM) sebagai proses rekrutmen guru madrasah diniyah di Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Sumbersari Jember tahun 2017?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1). Prosedur rekrutitmen guru madrasah diniyah Pondok Pesantren Nuris terdiri dari lima tahapan, yaitu perencanaan rekruitmen, penentuan strategi yang akan digunakan dalam rekruitmen, pencarian calon guru madrasah diniyah, seleksi dan evaluasi, hasil atau tanda tangan kontrak kerja sebagai guru baru madrasah diniyah. sumber calon guru berasal dari dua arah, yakni dari internal melalui kegiatan Program Abdi Masyarakat dan dari eksternal melalui pemasangan iklan lowongan di media massa. 2). Pelaksanaan kegiatan PAM diatur dalam tiga tahap kegiatan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap penyelesaian atau penyusunan laporan. Dalam proses rekrutmen melalui kegiatan ini, pihak timsupervisor/penilai memiliki standart bagi setiap calon guru yang akan dipilih nantinya. Yang pertama peserta harus kompeten dalam bidang yang diinginkan oleh pesantren. Kemudian peserta harus benar-benar memiliki rasa tanggung dan yang terakhir adalah komponen terpenting yaitu memiliki akhlak yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 16 Apr 2023 09:07
Last Modified: 16 Apr 2023 09:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22585

Actions (login required)

View Item View Item