Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pencapaian Standar Proses Pendidikan Di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Ash-Shufiyah Kencong Kabupaten Jember.

Niswah, Rochmah Arum (2018) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pencapaian Standar Proses Pendidikan Di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Ash-Shufiyah Kencong Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rochmah Arum Niswah_084 131 270.pdf

Download (6MB)

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam tidak dapat menjalankan perannya secara baik dan lancar hal ini mungkin disebabkan oleh adanya kurangnya peran guru secara optimal. Guru masih banyak yang belum memahami secara optimal dalam menjalankan perannya yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya dalam mengelola proses pembelajaran. Guru merupakan komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran, walaupun eksistensinya tidak selalu harus mentransfer ilmu pengetahuan tetapi bagaimana guru Pendidikan Agama Islam dapat menciptakan lingkungan yang kondusif dan memfasilitasi siswa untuk belajar. Adapun fokus penelitian ini adalah:1.Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam terhadap Pencapaian Standar Proses Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di SMK Islam Ash-Shufiyah Kencong Kabupaten Jember?2. Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam terhadap Pencapaian Standar Proses Pendidikan dalam meningkatkan kemampuan profesional guru di SMK Islam Ash-Shufiyah Kencong Kabupaten Jember?3.Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam terhadap Pencapaian Standar Proses Pendidikan dalam keterampilan mengajar di SMK Islam Ash-Shufiyah Kencong Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini adalah:1.Mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam terhadap Pencapaian Standar Proses Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di SMK Islam Ash-Shufiyah Kencong Kabupaten Jember,2. Mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam terhadap Pencapaian Standar Proses Pendidikan dalam meningkatkan kemampuan profesional guru di SMK Islam Ash-Shufiyah Kencong Kabupaten Jember,3.Mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam terhadap Pencapaian Standar Proses Pendidikan dalam keterampilan mengajar di SMK Islam Ash-Shufiyah Kencong Kabupaten Jember. Dalam penelitian skripsi ini pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis kajian field research (penelitiaan lapang). Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi.Dan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa:1.Dari hasil peran guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembelajaran di SMK Islam AshShufiyah Kencong Kabupaten Jember yakni: a) Guru Sebagai Sumber Belajar, b) Fasilitator, c) Pengelola, d) Pembimbing, e) Motivator dan f) Evaluator.2.Hasil dari peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan profesional guru yang penting yakni: a) Kompetensi Paedagogik, b) Kepribadian, c) Sosial dan d) Professional.3.Dalam proses pembelajaran keterampilan seorang guru dalam mengajarkan kepada siswa yakni: a) Keterampilan Dasar Bertanya, b) Memberikan Reinforcement, c) Variasi Stimulus, d) Membuka dan Menutup Pelajaran dan e) Mengelolah Kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 16 Apr 2023 09:07
Last Modified: 16 Apr 2023 09:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22586

Actions (login required)

View Item View Item