Implementasi Kegiatan Ekstra Kurikuler Huffadz dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Juz Amma Siswa Di Smpn 1 Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018

Fatimah, Siti (2018) Implementasi Kegiatan Ekstra Kurikuler Huffadz dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Juz Amma Siswa Di Smpn 1 Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Fatimah_084141538.pdf

Download (80MB)

Abstract

Kegiatan ekstra kurikuler huffadz merupakan kegiatan tambahan yang dilaksanakan diluar jam pelajaran dengan tujuan agar kegiatan tambahan tersebut dapat membantu menyiapkan siswa yang meyakini, memahami, menghayati peserta didik agar dapat mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minatnya sesuai kondisi sekolah,dan ekstra kurikuler ini dapat dilakukan disekolah maupun diluar sekolah tergantung dengan kebutuhan dan kesesuaian jenis kegiatan ekstra kurikuler, bisa dilakukan pada waktu libur sekolah, dengan tujuan untuk memperdalam pengetahuan peserta didik mengenal hubungan antara berbagai pelajaran maupun menyalurkan bakat minat dan pengembangan diri menjadi manusia yang seutuhnya, kegiatan ini untuk meningkatkan baca tulis Al-Qur’an dan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur’an terutama fokus terhadap juz Amma. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana implementasi kegiatan ekstra kurikuler huffadz dalam meningkatkan kemampuan membaca juz Amma Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018?, (2) Bagaimana implementasi kegiatan ekstra kurikuler huffad dalam meningkatkan kemampuan menulis juz Amma Siswa di Sekolah Menengah Pertama 1 Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018?, Adapun tujuan dari penelitian ini (1) Bagaimana implementasi kegiatan ekstra kurikuler huffad dalam meningkatkan kemampuan membaca juz Amma Siswa di Sekolah Menengah Pertama 1 Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018?, (2) Bagaimana implementasi kegiatan ekstra kurikuler huffad dalam meningkatkan kemampuan menulis juz Amma Siswa di Sekolah Menengah Pertama 1 Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018?,. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif milles hubberman dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi kegiatan ekstra kurikuler huffad dalam meningkatkan kemampuan membaca Juz Amma Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sukosari empat siswa yang lain sudah dapat meningkatkan kemampuan membaca juz Amma,beberapa lainnya masih dalam proses, (2) Implementasi kegiatan ekstra kurikuler huffad dalam meningkatkan kemampuan menulis Juz Amma Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sukosari Bondowoso hampir seluruh siswa yang mengikuti ekstra kurikuler dapat meningkatkan membaca dan tulisnya. Dan mayoritas siswa-siswi yang mengikuti Ekstra kurikuler tersebut dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis juz amma dengan melalui minat pengetahuan dan ingatan baca tulis yang dimana khususkan hanya kepada juz Amma, melalui hal itu siswa-siswi menambah kemampuannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 16 Apr 2023 09:07
Last Modified: 16 Apr 2023 09:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22587

Actions (login required)

View Item View Item