Implementasi Metode Discovery Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Kejuruan Zainul Hasan Balung Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Amudi, Ahmad Ishom (2018) Implementasi Metode Discovery Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Kejuruan Zainul Hasan Balung Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Ishom Amudi_084 141 231.pdf

Download (32MB)

Abstract

Pada sekolah Menengah Zainul Hasan Balung atau dikenal dengan SMK ZAHA memiliki ciri khusus dalam mengimplementasikan metode pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode ini memang penting dalam menunjang keefektifan siswa dalam proses belajar. Selaku guru PAI di SMK Zainul Hasan menggunakan metode discovery learning pada proses belajar mengajar. Metode discovery ini adalah suatu metode yang mengembangkan cara belajar aktif dengan menemukan sendiri. Metode ini menitik beratkan pengajaran perseorang, memanipulasi objek sebelum sampai pada generalisasi, discovery bisa diartikan juga proses mental. Proses mental yang dimaksud antara lain: mengamati, mencerna, mengerti, menggolong-golongkan, membuat dugaan, menjelaskan, mengukur, membuat kesimpulan, dan sebagainya. Salah satunya Sekolah Menengah Kejuruan Balung Jember. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode discovery learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Zainul Hasan Balung Jember Tahun pelajaran 2018/2019 ? 2) Bagaimana pelaksanaan metode discovery learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Zainul Hasan Balung Jember Tahun pelajaran 2018/2019 ? 3) Bagaimana evaluasi metode discovery learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Zainul Hasan Balung Jember Tahun pelajaran 2018/2019 ? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perencanaan metode discovery learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Zainul Hasan Balung Jember Tahun pelajaran 2018/2019. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode discovery learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Zainul Hasan Balung Jember Tahun pelajaran 2018/2019. (3) Mendeskripsikan evaluasi metode discovery learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Zainul Hasan Balung Jember Tahun pelajaran 2018/2019 Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitianya adalah jenis penelitian lapangan (field resech). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data meggunakan validitas dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan oleh peniliti: (1) Pendidik merencanakan mulai dari a. Menentukan metode yang akan diajarkan. b. Merancang RPP. c. Menyiapkan media yang disesuaikan dengan materi dan sarpras sekolah. (2) dalam pelaksanaannya pendidik melakukan a. Memberikan wacana dan motivasi. b. Memberikan stimulus atau memberi rangsangan kepada siswa terkait materi secara umum. c. Pendidik menanyakan kepada siswa secara random terkait materi yang akan di bahas. (3) a. Pada evaluasinya pendidik menyimpulkan materi yang telah dipelajari secara keseluruhan. b. Pendidik melakukan tes tulis untuk mengukur pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 16 Apr 2023 09:08
Last Modified: 16 Apr 2023 09:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22593

Actions (login required)

View Item View Item