Implemenetasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam Membentuk Karakter Siswa SDIT Harapan Umat Jember.

Ambrawati, Camelia (2018) Implemenetasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam Membentuk Karakter Siswa SDIT Harapan Umat Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Camelia Ambarwati_084141380.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pembentukan karakter perlu dilakukan sejak dini, karena jika karakter sudah terbentuk sejak usia dini maka tidak akan mudah untuk mengubah karakter seseorang. Pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah merupakan salah satu bentuk dan partisipasi dalam membangun kepribadian bangsa. Pelaksanaan pendidikan karakter adalah hal yang fundamental bagi anak usia sekolah dasar. Pada usia ini (sekitar umur 6 – 12 tahun) merupakan tahap penting bagi kesuksesan perkembangan karakter peserta didik dan karakter bagi manusia. Anak sekolah dasar mengalami perkembangan fisik dan motorik tidak terkecuali perkembangan kepribadian, watak emosional, intelektual, bahasa, budi pekerti, dan moralnya yang tumbuh dengan pesat. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : Bagaimana implementasi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dalam membentuk karakter jujur dan tanggung jawab siswa SDIT Harapan Umat Jember?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an terhadap pembentukan karakter jujur siswa SDIT Harapan Umat Jember dan mendeskripsikan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an terhadap pembentukan karakter tanggung jawab siswa SDIT Harapan Umat Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana ada prosedur untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi non partisipan dan dokumentasi. Untuk memperoleh keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: Implementasi pembelajaran tahfidz terhadap pembentukan karakter jujur dan tanggung jawab melalui metode kisah teladan yang bersangkutan dengan ayat yang dihafal secara efektif, maka sebelum melaksanakan pembelajaran, seorang guru melakukan berbagai macam persiapan. Persiapan tersebut diantaranya adalah: a) Memilih tema kisah teladan yang sesuai dengan materi mata pelajaran b) Menentukan penggalan- penggalan cerita yang bermuatan karakter sifat atau ketokohan yang menonjol. c) Mengidentifikasi nilai- nilai karakter yang termuat dalam penggalan kisah tersebut. Selanjutnya nilainilai karakter yang termuat dalam kisah disampaikan kepada siswa dalam penyajiannya.d) Menyiapkan analogi- analogi kisah- kisah teladan yang disajikan dengan pengalaman hidup yang dialami oleh siswa sehari- hari.e) Mempersiapkan media pembelajaran yang bisa digunakan untuk penyajian kisah/teladan . Kisah teladan bisa disajikan dengan gambar, alat peraga, buku cerita atau video.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 16 Apr 2023 09:08
Last Modified: 16 Apr 2023 09:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22596

Actions (login required)

View Item View Item