SITI ROMLAH, 083122076 (2016) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN BIRO PERJALANAN HAJI ATAU UMROH (Study: PT. Ebad Wisata Jember “Tour dan Travel”). ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
cover.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) | Preview |
Abstract
Siti Romlah, 2016: Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Komunikasi Pemasaran
Biro Perjalanan Haji atau Umroh (Study: PT. Ebad Wisata Jember “Tour
dan Travel”)
Etika Bisnis Islam merupakan suatu proses dan upaya untuk mengetahui
hal-hal yang benar dan yang salah yang selanjutnya tentu melakukan hal yang
benar berkenaan dengan produk, pelayanan perusahaan dengan pihak yang
berkepentingan dengan tuntutan perusahaan. Sebagai bisnis yang bergerak dalam
bidang jasa pelayanan umrah dan haji dengan persaingan yang cukup ketat dengan
biro-biro perjalanan umrah dan haji lain, membuat PT Ebad Wisata Jember
dituntut agar memiliki kebijakan strategi komunikasi pemasaran yang efektif dan
efisien dalam mempromosikan produk dan jasa yang mereka tawarkan. Apakah
strategi komunikasi yang dijalankan oleh perusahaan PT Ebad Wisata tersebut
sesuai dengan penerapan etika bisnis Islam atau tidak mengingat dengan
persaingan-persaingan diluar yang sangat ketat.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi komunikasi pemasaran
biro perjalanan haji atau umroh PT. Ebad Wisata Jember “Tour dan Travel”?, 2).
Bagaimana penerapan etika bisnis Islam dalam komunikasi pemasaran biro
perjalanan haji atau umroh PT. Ebad Wisata Jember “Tour dan Travel”?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penentuan informan
menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
analisis deskriptif. Uji keabsahan data dilakukan denagn triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1). Strategi komunikasi pemasaran yang
dilaksanakan oleh PT. Ebad Wisata Jember yaitu: a). penjualan personal b).
Periklanan c). Promosi penjualan d). Publisitas e). Pemasaran langsung 2).
Penerapan etika bisnis Islam dalam komunikasi pemasaran biro perjalanan haji
atau umroh PT. Ebad Wisata Jember yaitu: a). Prinsip Otonomi yaitu membekali
para karyawan dengan dengan public speaking, product knowledge, dan service
excellent agar dapat menguasai produk, melayani serta memberikan sosuli kepada
pelanggan dengan tepat dan benar, b). Prinsip kejujuran (Shiddiq) yaitu
menyampaikan informasi kepada pelanggan dengan apa adanya da tidak menjebak
atau sesuai dengan faktanya, c). Prinsip keadilan yaitu dengan menggunakan
bahasa yang di mengerti pelanggan, d). Prinsip saling menguntungkan yaitu
senantiasa konsisten menginformasikan dengan mengedepankan nilai kejujuran,
agar semua pihak berusaha saling menguntungkan satu sama lain, e). Prinsip
integritas moral yaitu dengan menjamin kualitas produk sehingga mampu menjaga
nama baik perusahaan dan nama baik pelanggan serta bertanggungjawab terhadap
amanah yang menjadi hak pelanggan.
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ETIKA BISNIS ISLAM |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220102 Business Ethics |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 09 Nov 2017 02:29 |
Last Modified: | 09 Nov 2017 02:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/226 |
Actions (login required)
View Item |