Pengayaan Materi Pendidikan Agama Islam Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas XI di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Rizqi, Hamidatur (2018) Pengayaan Materi Pendidikan Agama Islam Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas XI di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hamidatur Rizqi_084141096.pdf

Download (5MB)

Abstract

SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember menjadi sekolah yang memiliki rentetan kegiatan yang mendukung dalam segi keagamaan, baik dari intra maupun ekstrakurikuler. Lembaga pendidikan formal swasta ini selain ada mata pelajaran PAI ada pula mata pelajaran yag dapat dikatakan sebagai penguat pada rumpun mata pelajaran PAI yang diantaranya Fiqh, Akidah Akhlak, Tahfidzul Qur’an, Bahasa Arab, Nahwu Shorof tauhid yang diadopsi sebagai mata pelajaran keagamaan di sekolah. Fokus penelitian 1) Bagaimana pengayaan materi Pendidikan PAI melalui pembelajaran Akidah Akhlak kelas XI di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun pembelajaran 2017/2018? 2) Apa saja faktor pendukung adanya pengayaan materi PAI melalui pembelajaran Akidah Akhlak bagi siswa kelas XI di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun pembelajaran 2017/2018? 3) Apa saja faktor penghambat dan solusi adanya pengayaan materi PAI melalui pembelajaran Akidah Akhlak kelas XI di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun pembelajaran 2017/2018? Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi nonpartisipan dan dokumenter. Analisis data deskriptif menggunakan model Miles dan Huberman melalui langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi tenik dan sumber. Kesimpulannya: 1) Kurikulum yang dikembangkan kelas XI ialah KTSP, sedangkan buku yang digunakan siswa adalah LKS, adapun RPP dalam pembelajaran Akidah Akhlak berbeda dengan RPP PAI pada umumnya. Pelaksanaannya guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan, sedangkan media yang digunakan papan tulis. Sedangkan respon dari guru dan orang tua siswa adalah menyenangkan. 2) Faktor pendukung pembelajaran Akidah Akhlak ialah mayoritas siswa merupakan santri Pesantren Darus Sholah, fasilitas sudah tersedia dan dukungan dari lembaga termasuk orang tua. 3) Faktor penghambat pembelajaran Akidah Akhlak yaitu, keanekaragaman pengetahuan siswa, pembelajaran Akidah Akhlak terletak pada jam terakhir, metode yang digunakan kurang bervariasi dan kurang memanfaatkan media. Sedangkan solusinya ialah, guru tidak boleh menyamakan siswa, guru bisa menggunakan metode yang bervariasi, guru bisa menggunakan media saat pembelajaran dan memotivasi siswa supaya semangat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 16 Apr 2023 09:08
Last Modified: 16 Apr 2023 09:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22600

Actions (login required)

View Item View Item