Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Curahkalong - Bangsalsari - Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Baidowi, Muhammad (2018) Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Curahkalong - Bangsalsari - Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Baidowi_084128014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesuksesan lembaga pendidikan tidak pernah terlepas dari peran utama kepala madrasah sebagai pemimpin (top leader), namun demikian sistem tata kelola administrasi dan supervisi pendidikan merupakan perihal penting di mana turut serta menjadi ujung tombak keberhasilan dan kesuksesan pendidikan itu sendiri. Sesuai dengan standar kompetensinya kepala madrasah dituntut untuk senantiasa mampu berperan sebagai administrator dan supervisor pendidikan, khususnya dalam upaya meningkatkan kinerja guru melalui pengelolaan sistem organisasi di bawah kepemimpinannya. Adanya dua peran inilah yang menjadi fokus kajian utama dalam pembahasan skripsi ini. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini membahas mengenai : 1). Bagaimana peran kepala madrasah sebagai administrator dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Curahkalong Bangsalsari Jember ?, 2). Bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Curahkalong Bangsalsari Jember ?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : 1). Mendeskripsikan tentang peran kepala madrasah sebagai administrator dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Curahkalong Bangsalsari Jember, 2). Mendeskripsikan tentang peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Curahkalong Bangsalsari Jember. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Adapun pengumpulan datanya melalui observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun validasi/keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian skripsi ini yaitu: Kepala Madrasah dalam melaksanakan perannya sebagai administrator terutama dalam upaya meningkatkan kinerja guru yakni melakukan pengelolaan secara teratur mengenai pola dan sistem administrasi guru tentang program pengajaran dan kesiswaan, tata kelola sistem administrasi kepegawaian, administrasi keuangan dan perlengkapan. Adapun peran Kepala Madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru, dalam hal ini melakukan program supervisi pembelajaran secara berkala, pembinaan kepada guru mata pelajaran dan guru kelas, supervisi tersebut meliputi program perencanaan dan proses kegiatan pembelajaran, termasuk mengevaluasi hasil pembelajaran yang dilakukan guru di kelas. Kepala madrasah juga mendelegasikan wewenang kepada guru senior untuk turut serta membantu dirinya dalam melakukan kegiatan supervisi pembelajaran terkait dengan tugas-tugas guru. Sehingga hal ini akan menumbuhkan kesadaran diri dan motivasi bagi para guru bahwa mereka merasa turut serta dilibatkan dalam seluruh aktifitas/kegiatan madrasah baik dalam urusan administrasi maupun evaluasi diri madrasah, serta berbagai aktifitas kepentingan yang menyangkut aspirasi guru itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 16 Apr 2023 09:08
Last Modified: 16 Apr 2023 09:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22605

Actions (login required)

View Item View Item