Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Nihriroh, Rifda Irzun (2018) Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rifda Irzun Nihriroh Ha_ 084 141 340.pdf

Download (20MB)

Abstract

Kata kunci: media flash card, hasil belajar Mata pelajaran Al-Qur’an Hadis secara substansial memberikan kontribusi motivasi kepada siswa untuk mempelajari dan mempraktikkan ajaran dan nilai-agama Islam seperti yang terkandung dalam Al-Qur’an Hadis. Oleh karena dalam manajemen penyampaian materinya harus benar-benar mengena dan berkesan menarik bagi peserta didik. Untuk itu perlu didukung dengan perencanaan perangkat pembelajaran yang baik, termasuk merencanakan media pembelajaran yang menarik yaitu media pembelajaran flash card. Media pembelajaran flash card merupakan suatu media pembelajaran yang dapat mengemas isi materi pembelajaran dengan menarik dan memudahkan siswa dalam memahami materi Al-Qur’an Hadis, sehingga sehingga hal ini diyakini mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: “Apakah ada perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran flash card terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menguji ada tidaknya pengaruh penerapan media pembelajaran flash card terhadap hasil belajar AlQur’an Hadis di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen yang didesain dengan menggunakan non-equivalent control grup design, yaitu desain penelitian dengan pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Sampel penelitian berjumlah 74 siswa terdiri dari kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 kelas kontrol. Penetuan sampel ini menggunakan purposive sampling, karena peneliti tidak mungkin mengacak kelas yang sudah tertata rapi. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumenter berupa nilai pos tes. Analsis dan Uji hipotesis dengan Independent Sample T Test dan dilakukan bantuan program IBM SPSS 22.00 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sample T Test diperoleh nilai Sig.(2- tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi atau Sig.(2-tailed) < 0,05 sehingga berakibat hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil ini Artinya ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran flash card dalam terhadap belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas XI MAN 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 16 Apr 2023 09:08
Last Modified: 16 Apr 2023 09:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22607

Actions (login required)

View Item View Item