Nurhayati, Siti and Bukhori, Evi Muzaiyidah (2018) STRATEGI KHITOBAH (PIDATO) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA) IAIN JEMBER. [Laporan Penelitian] (Unpublished)
Text
Laporan Penelitian 2018.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran bahasa Asing terutama bahasa Arab pada keterampilan Berbicara kepada penutur non Arab banyak menjumpai kendala. Seorang dosen harus mempunyai banyak cara, metode atau strategi dalam mengajarkan keterampilan berbicara bahasa Arab. Keterampilan berbicara bahasa Arab merupakan kemampuan aktif produktif bagi penutur non Arab. Salah satu teknik untuk mengefektifkan dan mengefisienkan pembelajaran Keterampilan Berbicara bahasa Arab adalah dengan Setrategi Khithobah (Pidato).
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur dalam penelitian tindakan kelas terdapat beberapa siksus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini terdapat II siklus, siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Sedangkan untuk mengetahui keberhasilan mahasiswa dalam penerapan strategi Khitobah (pidato) menggunakan tes yakni pre test, yang dilakukan pada tiap siklus, dan Post test, dilakukan setelah adanya tindakan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa setelah terjadinya proses belajar mengajar.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa proses pembelajaran dengan melewati dua siklus serta adanya pretes dan postes dapat berpengaruh pada kemampuan khitobah mahasiswa PBA IAIN Jember. Peningkatan pada proses pembelajaran mahasiswa menunjukkan peningkatan dengan adanya kemampuan mahasiswa yang semakin aktif dan kreatif dalam menyampaikan khitobahnya, hal ini ditunjukkan pada kondisi mahasiswa saat proses pembelajaran khitobah mulai pratindakan, siklus I, siklus II, dan postes. Mahasiswa merasa lebih mudah ketika menyusun materi khitobah dengan bahasa masing-masing sehingga bisa memilih kosakata yang sederhana dan mudah dipahami. Dari khitobah tersebut mahasiswa memiliki banyak kosakata untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Adapun Peningkatan keterampilan mahasiswa dalam khitobah dapat dilihat dari 7 aspek penilaian, yaitu (1) aspek pelafalan, (2) aspek ketepatan kosakata dan struktur kalimat (3) aspek kelancaran dalam penyampaian khitobah (4) aspek penguasaan materi (5) aspek intonasi dalam penyampaian khitobah (6) aspek sikap pembicara Mukhotob (7) aspek mimik wajah Mukhotob Sebesar 15,2.
Item Type: | Laporan Penelitian |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Khitobah, Keterampilan Berbicara. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Maharat al-Kalam (Speaking Skill) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Bukhori Evi Muzaiyidah |
Date Deposited: | 01 Jul 2021 02:40 |
Last Modified: | 01 Jul 2021 02:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2262 |
Actions (login required)
View Item |