PENGEMBANGAN MEDIA VIDEOSCRIBE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN JEMBER

Bukhori, Evi Muzaiyidah (2020) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEOSCRIBE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN JEMBER. [Laporan Penelitian] (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan berbicara bahasa Arab merupakan komponen penting dalam mempelajari suatu bahasa, dengan adanya pembiasaan berupa komunikasi baik secara lisan maupun tulisan akan memudahkan pebelajar mencapai tujuan dalam mempelajari suatu bahasa, akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman yang begitu cepat serta kemudahan dalam mengakses informasi menuntut seorang pendidik untuk berinovasi dalam proses pembelajaran. Untuk menunjang keterampilan-keterampilan bahasa yang harus dicapai oleh mahasiswa maka peserta didik dapat menghadirkan media-media interaktif dan inovatif pada proses pembelajaran, salah satunya yakni media videocsribe dalam aplikatifnya tidak terbatas secara ruang dan waktu yang berarti bahwa video ini dapat di akses dimana saja baik dirumah, tempat wisata, dan sebagainya secara offline maupun online.
Fokus masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana langkah-langkah pengembangan media videoscribe dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Iain Jember? 2) Bagaimana kelayakan dan efektifitas media videoscribe dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media videoscribe dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Jember. 2) Mengetahui kelayakan dan kefektifan media videoscribe dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan Hannafin and Peck langkah-langkah pengembangannya terdiri dari tiga fase yaitu Need Assessment (Fase Analisis Keperluan), Design (Fase Desain), Develop/Implement (Fase Pengembangan dan Implementasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara awal dan respon, validasi Ahli (Media, Materi dan Desain), serta uji respon mahasiswa terhadap produk pengembangan media videoscribe.
Hasil penelitian ini: Pertama, langkah-langkah pembuatan permainan terdiri dari tampilan aplikasi videoscribe, lembar desain aplikasi videoscribe, fungsi toolbar pada aplikasi videoscribe, desain materi pada videoscribe. Kedua, Berdasarkan hasil uji coba ahli, pengembangan produk media videoscribe mendapat skor sebesar 90% (kategori layak) dari ahli media, validasi ahli materi mendapatkan skor 92% (kategori sangat layak), validasi ahli desain mendapatkan skor 92% dengan (kategori sangat layak).

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021410 Wasa'il wa Tiknulujia al-Ta'lim (Educational Media & Technology)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Bukhori Evi Muzaiyidah
Date Deposited: 01 Jul 2021 02:40
Last Modified: 01 Jul 2021 02:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2264

Actions (login required)

View Item View Item