Studi Komparatif Konstruksi Pendidikan Multikultural Pesantren Tradisional dan Modern di Jember

Kasman, Kasman Studi Komparatif Konstruksi Pendidikan Multikultural Pesantren Tradisional dan Modern di Jember. [Laporan Penelitian] (Unpublished)

[img] Text
Laporan Penelitian Multikultural.pdf

Download (1MB)

Abstract

Munculnya iklim keberagamaan umat yang tidak mencerminkan sikap multikulturalisme dan pluralisme akhir-akhir ini yang ditandai oleh menguatnya sikap dan perilaku yang radikal, eksklusif, intoleran dalam menyikapi perbedaan (the aothres), dan rasisme teologis, menimbulkan pertanyaan besar terhadap peran pesantren dalam menjaga pluralisme keberagamaan. Bertolak dari realitas di atas, penelitian ini fokus mengkomparasikan dua lembaga Pendidikan pesantren, tradisionalis dan modernis, di Jember, terkait dengan konstruksi pengembangan pendidikan multicultural, yang meliputi Gagasan terkait dengan signifikansi pendidikan multicultural, dan respon implementasi pendidikan multicultural dalam sistem pendidikan pesantren tradisional dan modern. Hasil dari analisa dari data-data yang terkumpul dan dideskripsikan, Baik Pondok Pesantren Al-Qodiri ataupun Pondok Modern Muhammadiyah Pakusari, semua memandang perlunya pendidikan multikultural, namun bagaimana cara menerapkannya, terdapat perbedaan antara keduanya. Bagi Pondok Modern Muhammadiyah Pakusari, pengajaran pendidikan multikultural cukup dengan menyelipkannya pada mata pelajaran yang sudah ada, melatihkannya pada kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, dan menanamkannya pada interaksi kehidupan sehari-hari. Sedangkan bagi Pondok Pesantren Al-Qodiri, di samping cara-cara tersebut, perlu disusun buku khusus tentang pendidikan multikultural yang nantinya akan diajarkan kepada santri dalam mata pelajaran yang khusus pula. Walaupun secara umum Pondok Pesantren Al-Qodiri dan Pondok Modern Muhammadiyah merespon baik pendidikan multikultural, namun keduanya mempunyai respon implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural yang tidak selalu sama.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Mr Kasman Rohim
Date Deposited: 16 Apr 2023 09:55
Last Modified: 16 Apr 2023 09:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22642

Actions (login required)

View Item View Item