UPAYA GURU DALAM MEMBANGUN KULTUR DISIPLIN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH ANNIDHOM KEBUNREJO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Naini Nur Baiti, Naini (2023) UPAYA GURU DALAM MEMBANGUN KULTUR DISIPLIN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH ANNIDHOM KEBUNREJO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Naini Nur Baiti_T20194008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci:Upaya Guru, Kultur Disiplin, Pembelajaran Tematik
Keunikan madrasah ini yaitu siswa dibiasakan menyetorkan murojaah ke
wali kelas. Setelah menjalankan sholat dhuha siswa diwajibkan melakukan
berbaris di depan atau samping ruang kelas. Dengan tujuan mengecek kerapian
dari kelengkapan atribut yang dipakai siswa, melaksanakan berdoa sebelum
memasuki ruang kelas. Setelah itu, secara bergantian siswa memasuki ruang kelas
dengan melepas sepatunya untuk diletakkan di rak sepatu didepan ruang kelas.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru dalam membangun
kultur disiplin siswa pada pembelajaran tematik kelas V Madrasah Ibtidaiyah
Annidhom Kebunrejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Apa faktor
pendukung dan penghambat dalam membangun kultur disiplin siswa pada
pembelajaran tematik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Annidhom Kebunrejo
Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan upaya guru dalam
membangun kultur disiplin siswa pada pembelajaran tematik kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Annidhom Kebunrejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. 2)
Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam membangun kultur
disiplin siswa pada pembelajaran tematik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Annidhom
Kebunrejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian
adalah deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data untuk penelitian ini
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data
peneliti menggunakan teori Miles Huberman dan Saldana, merupakan dengan
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan
teknik.
Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Upaya guru
dalam membangun kultur disiplin siswa pada pembelajaran tematik kelas V
dilakukan dengan dua upaya merupakan: Pertama, membangun disiplin kelas
berbasis karakter dengan mewujudkan kultur disiplin seperti, artefak berkaitan
dengan tata ruang dan cara berpakaian. Serta tata tertib madrasah berkaitan
dengan peraturan madrasah. Kedua, pengelolaan aktivitas belajar siswa, guru
diwajibkan membuat (RPP). Sehingga, pengelolaan aktivitas belajar menjadi aktif
dan kondusif. 2) Faktor pendukung upaya guru dalam membangun kultur disiplin
siswa merupakan guru kompak dalam mendisiplinkan siswa, kultur disiplin
madrasah yang dibiasakan setiap hari, dan orang tua yang selalu mendukung baik
di madrasah maupun di rumah. Sedangkan faktor penghambatnya merupakan
terdapat anak berkebutuhan khusus autis mengalami gangguan pada komunikasi.
Dan faktor internal yang muncul dari kesadaran siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Depositing User: Miss Naini Baiti
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:21
Last Modified: 17 Apr 2023 07:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22645

Actions (login required)

View Item View Item