Developing English Syllabus for Kindergarten in Jember

Khumaidah, Sofkhatin (2004) Developing English Syllabus for Kindergarten in Jember. Fenomena, 3 (2). pp. 21-26. ISSN 1412-5420

[img] Text
2004_Developing English Syllabus for Kindergartenin Jember.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://fenomena.uinkhas.ac.id/index.php/fenomena

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan silabus bahasa Inggris untuk Taman Kanak-Kanak (TK) di Jember, Jawa Timur. Prosedur yang diterapkan meliputi survey kebutuhan, pemaparan tujuan, pemilihan tipe siulabus, penyusunan proto-syllabus, penyusunan pro-syllabus, penyusunan pedagogical syllabus, pelaksanaan try-out silabus, evaluasi, dan revisi. Informasi yang dibutuhkan dalam survey diperoleh melalui questioner, dokumen, dan interview. Karena anak-anak TK masih terlalu muda untuk menjadi informan atau respondent, maka analisa kebutuhan digali dari pendapat ahli dalam bidang English for Young Learners(EYL), kurikulum TK, guru TK, wali anak TK, dan guru bahasa Inggris Sekolah Dasar (SD). Silabus produk penelitian ini meliputi dua puluh topik, lima untuk pengulangan dan lima belas lainnya berisi topik-topik sebagai berikut; angka, warna, binatang, anggota tubuh, makanan dan minuman, keluargaku, sekolah, instruksi sederhana, profesi, perasaan, pakaian, kesehatan, kendaraan, alam dan iklim, serta matahari, bulan, dan bintang. Silabus produk penelitian ini menawarkan kegiatan yang sederhana dan menyenangkan untuk anak-anak TK, juga menyajikan prosedur yang jelas untuk kegiatan bahasa Inggris untuk anak-anak TK, ini terkait dengan kenyataan bahwa kebanyakan mereka yang mengajar bahasa Inggris di TK tidak memiliki latar belakang pengetahuan dan ketrampilan berbahasa Inggris yang memadai, khususnya bahasa Inggris untuk anak (EYL).

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Dr. Phil. Sofkhatin Khumaidah
Date Deposited: 17 Apr 2023 01:55
Last Modified: 17 Apr 2023 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22660

Actions (login required)

View Item View Item