Penerapan Hukuman Edukatif Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar di SMP Islam Nurus Shobah Angsanah Mumbulsari Jember.

Wahyuni, Aisyah Eka (2018) Penerapan Hukuman Edukatif Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar di SMP Islam Nurus Shobah Angsanah Mumbulsari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aisyah Eka Wahyuni_084131223.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan pada hakekatnya berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermanfaat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka tidak heran ketika seluruh masyarakat menginginkan putra putrinya untuk berpendidikan, salah satunya menempatkan anaknya di Sekolah Menengah Pertama Islam Nurus Shobah Angsanah Mumbulsari Jember. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan hukuman edukatif psikis dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Nurus Shobah Angsanah Mumbulsari Jember? 2) Bagaimana penerapan hukuman edukatif intelektual dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Nurus Shobah Angsanah Mumbulsari Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan hukuman edukatif psikis dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Nurus Shobah Angsanah Mumbulsari Jember 2) Untuk mendeskripsikan penerapan hukuman edukatif intelektual dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Nurus Shobah Angsanah Mumbulsari Jember. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan analisis kualitatif yang bersifat deskriptif, menganalisis penerapan hukuman edukatif dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Nurus Shobah Angsanah Mumbulsari jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam observasi dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) penerapan hukuman edukatif psikis dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Nurus Shobah Angsanah Mumbulsari Jember, yakni penerapan hukuman edukatif dalam bentuk – bentuk hukuman yang memberikan efek malu yaitu berdiri di dalam kelas dengan membaca asmaul husna di depan teman – temannya 2) penerapan hukuman edukatif intelektual dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Nurus Shobah Angsanah Mumbulsari Jember, yakni bertambahnya pengetahuan dan wawasan siswa tentang asmaul husna dan maknanya sehingga mereka mendapat ilmu baru dan perubahan sikap dari hukuman yang yang di dapat. Adapun data – datanya di halaman 77.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:44
Last Modified: 17 Apr 2023 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22661

Actions (login required)

View Item View Item