Ekstensi Ekstra Kurikuler Persaudaraan Setia Hati Terate Dalam Mengembangkan Akhlak Islami Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 10 Jember

Pratama, Ilham Wahyudi (2018) Ekstensi Ekstra Kurikuler Persaudaraan Setia Hati Terate Dalam Mengembangkan Akhlak Islami Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 10 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ilham Wahyudi Pratama_084 131 230.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan, dan merupakan intervestasi jangka panjang yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu, merupakan suatu hal yang wajar jika pendidikan mendapatkan prioritas yang utama. Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka kegiatan Ekstra Kurikuler Persaudaraan Setia Hati Terate merupakan suatu wahana dalam mengembangkan Akhlak Islami siswa yang salah satunya mengembangkan Akhlak Islami Bersaudara dan Akhlak Islami Santun dan Ramah Tamah. Melalui kegiatan Ekstra Kurikuler Persaudaraan Setia Hati Terate setiap peserta didik diberikan kesempatan atau peluang untuk mengembangkan potensi Akhlak yang dimilikinya. Sesuai dengan potensi diri masing – masing siswa sehingga potensi itutercermin dari prestasi – prestasi yang diraihnya dan perilaku kesehariannya. Kegiatan Ekstra Kurikuler Persaudaraan Setia Hati Terate merupakan suatu kegiatan yang sangat menunjang terhadap perkembangan Akhlak peserta didik, yang meliputi proses ataupun dengan cara menasehati terus menerus (wejangan) dan pembiasaan. Bertitik tolak pada latar belakang diatas, maka fokus masalah dalam penelitian ini adalah: a) bagaimana Urgensi Ekstra Kurikuler Persaudaraan Setia Hati Terate dalam mengembangkan Akhlak Islami Bersaudara siswa di SMP Negeri 10 Jember?, b) bagaimana Urgensi Ekstra Kurikuler Persaudaraan Setia Hati Terate dalam mengembangkan Akhlak Islami Santun dan Ramah Tamah siswa di SMP Negeri 10 Jember? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang:1) Urgensi Ekstra Kurikuler Persaudaraan Setia Hati Terate dalam mengembangkan Akhlak Islami Bersaudara 2) Urgensi Ekstra Kurikuler Persaudaraan Setia Hati Terate dalam mengembangkan Akhlak Islami Santun dan Ramah Tamah siswa di SMP Negeri 10 Jember. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bertujuan mencari data deskriptif berupa ucapan dan objek penelitian. Sedangkan metode pengumpulan data observasi, interview, dokumentasi dan kepustakaan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif reflektif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan Ekstra Kurikuler yang ada di SMP Negeri 10 jember sangat Urgen dalam mengembangkan Akhlak Islami siswa. Bahwasannya Ekstra Kurikuler seni ini merupakan suatu wadah bagi siswa untuk menumbuhkan rasa percaya diri, sopan, tegas, perduli pada anak. Ekstra Kurikuler ini juga sangatlah penting dan dapat memberikan banyak manfaat pada pengembangan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:44
Last Modified: 17 Apr 2023 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22665

Actions (login required)

View Item View Item