Rifqiyah, Miftahur (2018) Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantuan Multimedia Berbasis Lectora Inspire terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Syafi’iyah Besuk Probolinggo Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Miftahur Rifqiyah_084 141 022.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata kunci: Metode Demonstrasi, Hasil belajar siswa Metode mengajar menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Ada beberapa metode mengajar yang dapat digunakan. Salah satu metode mengajar yang bisa digunakan adalah metode demonstrasi. Metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang atau suatu urutan kegiatan tertentu baik secara langsung maupun melalui media pembelajaran yang relevan. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) apakah ada perbedaan signifikan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan menggunakan metode demonstrasi berbantuan multimedia berbasis lectora inspire dengan yang dibelajarkan menggunakan metode demonstrasi? 2) apakah ada perbedaan signifikan hasil belajar psikomotorik siswa yang dibelajarkan menggunakan metode demonstrasi berbantuan multimedia berbasis lectora inspire dengan yang dibelajarkan menggunakan metode demonstrasi? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan menggunakan metode demonstrasi berbantuan multimedia berbasis lectora inspire dengan yang dibelajarkan menggunakan metode demonstrasi, 2)untuk mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar psikomotorik siswa yang dibelajarkan menggunakan metode demonstrasi berbantuan multimedia berbasis lectora inspire dengan yang dibelajarkan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimen. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes. Siswa diberikan pre-test untuk melihat kesamaan kemampuan awal siswa. Analisis data yang digunakan adalah MANOVA(Multivariate Analysis Of Variance). Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan metode demonstrasi berbantuan multimedia berbasis lectora inspire dengan yang dibelajarkan dengan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di kelas VII. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai post-test siswa di kedua kelas. Di kelas eksperimen rata-rata nilai post-test siswa adalah 88,4 sedangkan di kelas kontrol rata-rata hasil belajar siswa adalah 81,1. Hal ini juga di dukung dari hasil uji univariate yang menunjukkan nilai signifikansi pada aspek kognitif sebesar 0,005 dimana 0,005<0,050 yang artinya ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa. Pada aspek psikomotorik, dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar psikomotorik siswa yang dibelajarkan dengan metode demonstrasi berbantuan multimedia berbasis lectora inspire dengan yang dibelajarkan menggunakan metode demonstrasi. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai post-test siswa di kelas eksperimen adalah 86,4 sedangkan di kelas kontrol nilai post-test siswa adalah 81,9. Hasil uji univariate yang menunjukkan nilai signifikansi pada aspek psikomotorik sebesar 0,024 dimana 0,024<0,050 yang artinya ada perbedaan hasil belajar psikomotorik siswa yang dibelajarkan dengan metode demonstrasi berbantuan multimedia berbasis lectora inspire dengan yang dibelajarkan menggunakan metode demonstrasi. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut menunjukkan adanya pengaruh metode demonstrasi berbantuan multimedia berbasis lectora inspire terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Syafi’iyah Besuk Probolinggo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 02:43 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 02:43 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22667 |
Actions (login required)
View Item |