Strategi Takmir Dalam Pengelolaan Pendidikan Islam Di Masjid Baiturrahman Banyuwangi.

A'yunin, Qurrata (2018) Strategi Takmir Dalam Pengelolaan Pendidikan Islam Di Masjid Baiturrahman Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Qurrata A’yunin_084 141 002.pdf

Download (5MB)

Abstract

Mengajak ke jalan Allah adalah wajib hukumnya, keberhasilan ajakannya mencerminkan prospek pengembangan Islam dimasa yang mendatang, sebab maju mundurnya agama tertelak di tangan-tangan manusia. Hal ini terbukti dari kemalasan masyarakat untuk beribadah dan enggan untuk berpartisipasi dalam mengikuti aktivitas keagamaan di masjid. Disinilah perlunya sebuah strategi dalam mengelolah aktivitas keagamaan, agar pengelolaan dan pergerakan dalam proses aktivitas keagamaan berlangsung secara efektif dan efesien. Masjid merupakan pendidikan non formal yang berperan penting sebagai tempat, media maupun wadah yang bertujuan untuk meningkatkan syiar Islam melalui aktivitas-aktivitas keagamaan yang diselenggarakan di dalamnya. Dengan strategi pengelolaan yang dilakukan oleh takmir masjid merupakan suatu cara untuk membuat variasi suasana pendidikan Islam lebih bervariasi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Strategi Takmir Dalam Pengelolaan Pendidikan Islam Di Masjid Baiturrahman Banyuwangi, dengan rincian permasalahan sebagai berikut: 1. Bagaimana strategi takmir dalam pengelolaan pendidikan islam di masjid baiturrahman banyuwangi 2. Apa saja faktor pendukung strategi takmir dalam pengelolaan pendidikan islam di masjid baiturrahman banyuwangi 3. apa saja faktor penghambat dan solusi strategi takmir dalam pengelolaan pendidikan islam di masjid baiturrahman banyuwangi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui strategi takmir dalam pengelolaan pendidikan islam di masjid baiturrahman banyuwangi 2. Untuk menganalisis faktor pendukung strategi takmir dalam pengelolaan pendidikan islam di masjid baiturrahman banyuwangi 3. Untuk menganalisis faktor penghambat dan solusi strategi takmir dalam pengelolaan pendidikan islam di masjid baiturrahman banyuwangi. Dalam mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi partisipan, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Hubermen mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Secara umum, dapat disimpulkan bahwa strategi takmir masjid dalam pengelolaan pendidikan Islam di masjid ini adalah menyediakan makanan dan minuman ketika sholat rawatib yang berupa roti, susu, dan kopi. Dan pelayanannya itu ada 3, yaitu pelayanan spiritual, sosial, dan ekonomi. Pengelolaan masjidnya dibagi menjadi 3 bagian, yaitu: 1. Idarah (administrasi), 2. Imarah (kemakmuran), 3. Riayah (pemeliharaan). Sedangkan aktivitas keagamaannya di masjid ini dibagi menjadi 4 bagian, yaitu aktivitas harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:43
Last Modified: 17 Apr 2023 02:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22668

Actions (login required)

View Item View Item