Pola Kerja Guru Bimbingan dan Konseling Mengatasi Siswa Bermasalah (Studi Kasus: Sholat Berjama’ah dhuha dan dhuhur di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2017/2018).

Thoyyibah, St. Maunatut (2018) Pola Kerja Guru Bimbingan dan Konseling Mengatasi Siswa Bermasalah (Studi Kasus: Sholat Berjama’ah dhuha dan dhuhur di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2017/2018). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
St. Maunatut Thoyyibah_084 141 449.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan adalah proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan potensi dalam dirinya serta mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi. Dalam dunia pendidikan bimbingan dan konseling sangat dibutuhkan karena merupakan sarana untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi oleh siswa, serta bimbingan dan konseling bertujuan membantu siswa mencapai tugas-tugas perkembangan secara optimal sebagai makhluk Tuhan, social, dan pribadi. Masalah siswa penulis temukan pada sholat berjama’ah di MTs. Al-Ma’arif Wuluhan yaitu: ada siswa yang masih kurang minat dalam mengikuti kegiatan sholat berjama’ah, yang diselenggarakan oleh madrasah. Adapun fokus penelitian yang diteliti diskripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan pola kerja guru bimbingan dan konseling mengatasi siswa bermasalah pada sholat berjama’ah dhuha dan dhuhur di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Wuluhan Jember tahun pelajaran 2017/2018?, 2) Bagaimana pola kerja guru bimbingan dan konseling mengatasi siswa bermasalah pada sholat berjama’ah dhuha dan dhuhur di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Wuluhan Jember tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskriptifkan perencanaan pola kerja guru bimbingan dan konseling mengatasi siswa bermasalah pada sholat berjama’ah dhuha dan dhuhur di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Wuluhan Jember tahun pelajaran 2017/2018, 2) Mendeskriptifkan pola kerja guru bimbingan dan konseling mengatasi siswa bermasalah pada sholat berjama’ah dhuha dan dhuhur di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Wuluhan Jember tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian kualitatif deskriptif, mengananlisis pola kerja guru bimbingan dan konseling mengatasi siswa bermasalah pada sholat berjama’ah dhuha dan dhuhur di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Wuluhan Jember tahun pelajaran 2017/2018. Adapun teknik penentuan subyek menggunakan purposive, teknis analisis data dengan interaktif model Milles dan Hubberman melalui tahapan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi non-partisipan, dan dokumentasi, dalam menentukan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) perencanaan pola kerja guru bimbingan dan konseling mengatasi siswa bermasalah pada sholat berjama’ah dhuha dan dhuhur di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Wuluhan Jember tahun pelajaran 2017/2018 terletak pada latarbelakang dari diadakannya sholat berjama’ah yakni untuk mempersiapkan bekal mereka juga bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang baik dan dapat menambahkan rasa iman dan ketaqwaan siswa, 2) pola kerja guru bimbingan dan konseling mengatasi siswa bermasalah pada sholat berjama’ah dhuha dan dhuhur di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Wuluhan Jember tahun pelajaran 2017/2018 bagi siswa yang melanggar peraturan atau tidak mengikuti sholat berjama’ah maka siswa diberi jadwal/jam pemberian nasehat melalui layanan konseling kelompok, juga akan melibatkan guru yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:43
Last Modified: 17 Apr 2023 02:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22670

Actions (login required)

View Item View Item