Implementasi Metode STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Jatisari 02 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Mubarokah, Lailatul (2018) Implementasi Metode STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Jatisari 02 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lailatul Mubarokah_084 131 440.pdf

Download (44MB)

Abstract

Pembelajaran yang terjadi saat ini guru masih memegang peranan yang dominan dalam kelas terutama pada tingkatan sekolah dasar. Guru sering menghadapi siswa dengan motivasi belajar yang rendah, dan rendahnya siswa untuk berdiskusi cenderung membuat siswa pasif dan suasana kelas menjadi tidak kondusif terlebih lagi pada pembelajaran PAI yang sulit dipahami oleh siswa, kenyataan lain juga menunjukkan bahwa metode mengajar guru dalam kelas terlalu monoton. Maka dari itu, pembelajaran PAI diperlukan sebuah metode atau strategi yang tepat dan menyenangkan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran yang nantinya akan berdampak positif pada siswa itu sendiri. Terdapat suatu masalah tentang bagaimana proses pembelajaran yang cocok untuk dikembangkan guru dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dalam hal ini guru PAI di Sekolah Dasar Negeri Jatisari 02 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk melatih siswa untuk bekerja sama dan membantu teman yang belum menguasai materi pembelajaran. Fokus masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan metode STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Jatisari 02 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2017/2018 ? (2) Bagaimana pelaksanaan metode STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Jatisari 02 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2017/2018 ? (3) Bagaimana evaluasi metode STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Jatisari 02 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2017/2018 ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Mendeskripsikan perencanaan metode STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Jatisari 02 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2017/2018, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Jatisari 02 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2017/2018, (3) Mendeskripsikan evaluasi metode STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Jatisari 02 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil dari penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan metode STAD (Student Teams Achievement Division) dalam pembelajaran PAI, guru membuat silabus dan RPP terlebih dahulu yang mencakup tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran dan media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran yang sudah terencana dengan baik dan sistematis. (2) Pelaksanaan metode STAD (Student Teams Achievement Division) dalam proses pembelajaran PAI guru menggunakan beberapa teknik yakni menyampaikan materi, membentuk kelompok berdasarkan tingkat kemampuan yang berbeda yang menekankan siswa untuk lebih aktif dan kompak untuk berdiskusi, saling bekerja sama, saling bertukar pendapat, dan belajar mendengarkan pendapat orang lain, memberikan kuis secara individu dan memberikan penghargaan atau reward kepada tim yang mendapat peringkat dan poin terbanyak. (3) Evaluasi metode STAD yang digunakan ialah menggunakan evaluasi formatif dan evaluasi sumatif, hasil belajar siswa yang kurang memuaskan akan tindak lanjuti dengan melakukan remidial. Hasil dari evaluasi mata pelajaran PAI dengan menggunakan metode STAD sudah cukup memuaskan, namun masih terdapat beberapa siswa yang mendapat nilai dibawah KKM yakni dibawah nilai 75.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:04
Last Modified: 17 Apr 2023 03:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22675

Actions (login required)

View Item View Item