PENANAMAN KARAKTER SISWA MELALUI PESANTREN KILAT DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 GLENMORE BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Anggraini, Salsa Bella Sima (2023) PENANAMAN KARAKTER SISWA MELALUI PESANTREN KILAT DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 GLENMORE BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SALSA BELLA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Penanaman Karakter, Pesantren Kilat Pendidikan karakter merupakan sesuatu yang penting bagi manusia dalam kehidupannya. Pendidikan karakter harus memiliki kualitas yang lebih baik, kualitas tersebut tidak saja tertuju pada kemampuan yang bersifat kognitif, tetapi lebih dari itu adalah pada kualitas yang bersifat afektif dan psikomotorik yang berupa aspek sikap dan perilaku. Fokus dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penanaman kareakter religius siswa melalui pesantren kilat ? 2) Bagaimana penanaman karakter sosial siswa melalui pesantren kilat ? 3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam penanaman karakter siswa melalui pesantren kilat? Tujuan dalam penelitian ini yaitu : 1) Untuk Mendeskripsikan penanaman karakter religius siswa melalui pesantren kilat di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Glenmore Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023. 2) Untuk Mendeskripsikan penanaman karakter social siswa melalui pesantren kilat di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Glenmore Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023. 3) Untuk Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam penanaman karakter siswa melalui pesantren kilat di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Glenmore Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik penentuan subyek/informan dilakukan secara purposive. Pengumpulan data teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis kualitatif dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yang Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah sebagai berikut : 1) Dalam Proses penanaman karakter religius yang didapat ketika menjalani program santri kilat antara lain: ibadah salat lima waktu dansalat sunnah kepada Allah SWT lebih rajin, mengetahui banyak ilmu agama khususnya dalam membaca al-Qur’an, memahami makna ilmu tajwid lebih dalam, dan tentunya belajar dasar ilmu fiqih 2) Proses penanaman karakter sosial yang didapat ketika menjalani program santri kilat antara lain : mempunyai rasa empati yang tinggi, memiliki rasa tanggung jawab,rendah hati dan kontrol diri secara internal. 3) Faktor pendukung : a) peran aktif KH, Thoha Muntaha b) dukungan dari keluarga KH, Thoha Muntaha c) sarana dan prasarana yang memadai d) adanya kinerja yang baik dari guru sekolah umum dan pengajar pondok pesantren Minhajut Thullab e) dukungan posistif tokoh masyarakat dan orang tua wali santri. Faktor penghambat a) Pola perilaku siswa yang terkadang sulit diatur b)sarana dan prasarana yang tidak terjaga dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Salsa Bella Sima Anggraini
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:36
Last Modified: 17 Apr 2023 03:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22678

Actions (login required)

View Item View Item