Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian Muslim bagi Narapidana Wanita di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Kabupaten Jember.

Ilma, Lutfish Sholihatul (2018) Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian Muslim bagi Narapidana Wanita di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lutfish Sholihatul Ilma_084 141 327.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan agama Islam sebagai salah satu upaya membentuk kepribadian muslim yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Kabupaten Jember ini didirikan sebuah pondok pesantren Darut Taubah yang di dalamnya terdapat program-program kegiatan keagamaan Islam yang dapat membentuk para narapidana di Lapas ini agar memiliki kepribadian muslim yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Sehingga bisa membuat mereka berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan dapat diterima kembali di tengah-tengah masyarakat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1)Bagaimanakah pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam membentuk kepribadian muslim bagi narapidana wanita di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Kabupaten Jember Tahun 2018?, 2)Bagaimanakah metode yang digunakan dalam pendidikan agama Islam sebagai upaya membentuk kepribadian muslim bagi narapidana wanita di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Kabupaten Jember Tahun 2018?, 3)Bagaimanakah kendala yang ditemui dalam pendidikan agama Islam sebagai upaya membentuk kepribadian muslim bagi narapidana wanita di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Kabupaten Jember Tahun 2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan tertentu, diantaranya Koordinator kegiatan pembinaan agama Islam, Tenaga penyuluh (guru/ustadzah), Petugas piket jaga blok wanita, beberapa Narapidana wanita, dan Kasubag Tata Usaha di Lapas Klas II A Kab.Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumenter. Analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1)Pelaksanaan PAI dalam membentuk kepribadian muslim bagi narapidana wanita di Lapas Klas II A Kab.Jember yaitu melalui kegiatan yang ada di pondok pesantren Darut Taubah diantaranya sholat fardhu berjamaah, istighosah bersama, kajian Fiqih, kajian Aqidah, Kajian Tafsir Al-Qur’an, baca Al-Qur’an, serta perayaan hari besar Islam (PHBI). 2)Metode yang digunakan dalam pendidikan agama Islam sebagai upaya membentuk kepribadian muslim di Lapas Klas II A Kab.Jember yaitu diantaranya metode ceramah dan metode kisah, metode tanya jawab, metode latihan, metode absensi, metode penguatan, metode pembiasaan, metode nasehat, dan metode keteladanan. 3)Kendala yang ditemui dalam pendidikan agama Islam sebagai upaya membentuk kepribadian muslim di Lapas Klas II A Kab.Jember diantaranya sarana yang masih kurang, SDM yang kurang dari dalam lembaga, bahasa, kurikulum dan perbedaan masa hukuman para narapidana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:42
Last Modified: 17 Apr 2023 04:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22679

Actions (login required)

View Item View Item