Pemanfaatan Laboratorium Komputer (LK) untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Ma’arif Bangsalsari Jember

Nawawi, Mr (2018) Pemanfaatan Laboratorium Komputer (LK) untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Ma’arif Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Nawawi_084128010.pdf

Download (7MB)

Abstract

Laboratorium Komputer (LK) merupakan salah satu sarana penunjang dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, LK berfungsi sebagai pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi yang menunjang iklim belajar di lingkungan sekolah sehingga dapat meningkatkan minat siswa dalam peningkatan prestasi belajar demi terciptanya sumber daya manusia yang terampil, berwawasan luas dan disiplin. Dengan menggunakan media pembelajaran pada LK diharapkan siswa belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat lebih maksimal. Hal ini dikarenakan PAI adalah sebagai penyelaras dan penyeimbang dari kemajuan IPTEK itu sendiri, terlebih lagi SMK Ma’arif Bangsalsari merupakan Lembaga NU dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren As Syafi’iyah Sukorejo Bangsalsari yang kejuruannya di bidang Multimedia. Berdasarkan latar belakang diatas, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah; 1) Bagaimanakah pemanfaatan LK untuk perencanaan pembelajaran PAI? 2) Bagaimanakah pemanfaatan LK untuk pelaksanaan pembelajaran PAI? dan 3) Bagaimanakah pemanfaatan LK untuk evaluasi pembelajaran PAI di SMK Ma’arif Bangsalsari Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan pemanfaatan LK untuk perencanaan pembelajaran PAI 2) Mendiskripsikan pemanfaatan LK untuk pelaksanaan pembelajaran PAI dan 3) Mendiskripsikan pemanfaatan LK untuk evaluasi pembelajaran PAI di SMK Ma’arif Bangsalsari Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif, dengan jenis penilitian field research. Penentuan penelitian menngunakan purposive. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan pembelajaran PAI dengan memanfaatkan LK dirasakan banyak manfaatnya oleh guru dan siswa, terlebih guru PAI ketika awal tahun pembelajaran dalam pembuatan perangkat dengan dibantu oleh laboran dalam menyusun prota, promes dan RPP. Guru PAI merencanakan metode dan strategi mengajar kedepan supaya pembelajaran dapat menarik dan efektif dengan cara mencari bahan yang sesuai dengan silabus. 2) Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, guru PAI menggunakan metode pembelajaran Contextual Learning, dimana para siswa diajak ke LK untuk mengetahui dengan pasti bagaimana praktek dari teori yang diberikan, sehingga siswa dalam pembelajaran bukan hanya sebagai obyek pembelajaran namun juga sebagi subyek pembelajaran yang diikutkan dalam pemecahan masalah bersama. 3) Dalam tahap evaluasi, guru PAI melakukan tes untuk menilai sejauh mana pengetahuan siswa dengan media yang sudah dipakai. Evaluasi normatif yang menilai bagaimana siswa di dalam LK serta menilai bagaimana siswa tersebut bekerjasama antar siswa memecahkan masalah dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:41
Last Modified: 17 Apr 2023 04:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22682

Actions (login required)

View Item View Item