Studi Bimbingan Kelompok Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Hikmatul Hasan Karang Semanding Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Maufiroh, Ms (2018) Studi Bimbingan Kelompok Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Hikmatul Hasan Karang Semanding Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Maufiroh_084121214.pdf

Download (3MB)

Abstract

Seorang guru sangat berperan penting dalam mencapai tujuan pendidikan yaitu mengeluarkan output yang bisa pandai dari segi kognitif, afektif maupun psikomotorik. Pendidikan karakter pada era ini sangat dibutuhkan mengingat perkembangan zaman yang sudah mulai berkembang dengan teknologi yang canggih sehingga proses pembelajaran kurang menyenangkan dibandingkan dengan gadget. Disinilah diperlukannya bimbingan kelompok belajar untuk menyiapkan peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan: Untuk dapat mendiskripsikan studi bimbingan kelompok belajar siswa di MTs Hikmatul Hasan Karang semanding kecamatan balung kabupaten jember tahun 2017-2018. Tujuan khusus, 1)mendeskripsikan cara mengelolah studi bimbingan kelompok belajar peserta didik di madrasah tsanawiyah hikmatul hasan karang semanding balung jember tahun 2017/2018. 2) Mendeskripsikan aktifitas studi bimbingan kelompok belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Hikmatul Hasan Karang Semanding Balung Jember Tahun 2017/2018. 3) Mendeskripsikan dinamika studi bimbingan kelompok belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Hikmatul Hasan Karang Semanding Balung Jember Tahun 2017/2018. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data naturalistik berupa penjelasan yang bersifat alamiah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisisnya menggunakan metode analisi diskriptif kualitatif. Sedangkan penyajian datanya dengan menarik sebuah kesimpulan. Dan untuk mendapatkan keabsahan data menggunakan validitas data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Cara mengelola bimbingan kelompok yaitu dengan mengelompokkan beberapa peserta didik menjadi satu kelompok dengan latar belakang yang berbeda dari segi karakter, bakat dan minat yang serupa sehingga kesergaman memudahkan peserta didik dalam belajar. Aktifitas studi bimbingan kelompok belajar yaitu dengan memberikan berbagai macam materi dengan metode yang berbeda-beda disesuaikan dengan karakter dan latar belakang dari kelompok belajar yang sudah ditentukan. Dinamika bimbingan kelompok belajar yaitu interaksi antara anggota dan memudahkan peserta didik dalam menyelesaikan masalah pribadi maupun masalah pembelajaran disekolah. Adanya perubahan kognitif, afektif dan psikomotorik merupakan hasil dari bimbingan kelompok yang nantinya akan di evaluasi kekurangannya untuk perbaikan di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:41
Last Modified: 17 Apr 2023 04:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22683

Actions (login required)

View Item View Item